LSE akuisisi 60 persen saham LCH Clearnet

Selasa, 25 Desember 2012 - 16:52 WIB
LSE akuisisi 60 persen saham LCH Clearnet
LSE akuisisi 60 persen saham LCH Clearnet
A A A
Sindonews - London Stock Exchange (LSE) telah mencapai kesepakatan membeli 60 saham LCH Clearnet, perusahaan kliring independen Eropa. Langkah ini dilakukan guna menghadapi persaingan bisnis di Benua Biru.

Dilansir dari BBC, Selasa (25/12/12), LSE dilaporkan akan membayar sebesar 366 miliar euro (USD482 miliar) atau 100 miliar euro lebih rendah di bawah harga penawaran sebelumnya. Langkah ini mencerminkan aturan baru Eropa yang menjadikan rumah kliring sebagai pengaman modal.

Rumah Kliring memungkinkan perdagangan saham antara kedua pihak menjamin penjualan dalam satu standar. Rumah kliring mengharuskan perusahaan memegang lebih banyak uang cadangan, yang diharapkan pemerintah dapat melindungi perusahaan dari krisis keuangan.

"Pengumuman hari ini merupakan keberhasilan bagi pemegang saham LSE
. Kami percaya bahwa persetujuan pemegang saham akan dicari pada Januari, dan kami masih berharap transaksi akan selesai pada kuartal pertama 2013," kata Peter Lenardos, analis keuangan dari RBC Capital Markets.

Kesepakatan ini dijadwalkan akan selesai pada akhir tahun ini. Kantor Inggris of Fair Trading menyetujui akuisisi awal bulan ini.
Atas pengambilalihan LCH, LSE dituntut mampu bersaing dengan rivalnya, seperti NYSE Euronext dan Deutsche Börse, yang sudah memiliki rumah kliring.

Permintaan untuk transaksi kliring diperkirakan meningkat selama beberapa tahun ke depan sebagai kekuatan
bank regulator. Dalam menyalurkan perdagangan melalui rumah kliring telah diatur semua risiko dapat dipantau lebih baik.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4452 seconds (0.1#10.140)