Harga kebutuhan pokok 2013 bisa lebih murah

Rabu, 26 Desember 2012 - 10:16 WIB
Harga kebutuhan pokok 2013 bisa lebih murah
Harga kebutuhan pokok 2013 bisa lebih murah
A A A
Sindonews.com - Pemerintah sangat percaya diri dapat menekan harga-harga kebutuhan pokok dengan memperbaiki sistem transportasi logistik yang terintegrasi dengan baik. Diharapkan sistem transportasi logistik bisa diterapkan pada 2013.

"Selama ini kan barang-barang kebutuhan pokok harganya sangat mahal. Ini karena transportasi logistiknya mahal," ujar Menteri Pertanian Suswono di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Untuk itu, dia menjelaskan, saat ini pihaknya bersama kementerian terkait sedang membahas perihal kebijakan transportasi logistik di Tanah Air. Dengan demikian kedepannya diharapkan bisa membantu mewujudkan upaya pemerintah untuk menekan harga-harga kebutuhan pokok di dalam negeri. Pasalnya, biaya transportasi logistik antardaerah di Indonesia justru lebih mahal dibanding biaya transportasi logistik impor.

"Misalnya mengangkut ternak dari NTT atau NTB, selama ini bisa lebih mahal daripada mengangkut ternak dari Australia. Padahal, bila transportasi logistiknya sudah baik, itu bisa memenuhi kebutuhan daging di Jakarta dengan harga yang murah. Problem kita ongkosnya mahal, lebih mahal dari daging dari Australia," tutur Suswono.

Dia berharap, kebijakan terkait sistem transportasi logistik ini bisa diterapkan pada tahun depan. "Mudah-mudahan tahun 2013 sudah mulai ada perbaikan-perbaikan. Angkutan ternak sudah dipersiapkan, mudah-mudahan 2013 sudah bisa digunakan. Kami sedang mengusahakan daging bisa diangkut dengan pesawat. Bekerja sama dengan Garuda misalnya, dengan diberikan insentif-insentif tertentu," ujar Suswono.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6840 seconds (0.1#10.140)