Industri cokelat Belgia terancam

Rabu, 26 Desember 2012 - 16:15 WIB
Industri cokelat Belgia terancam
Industri cokelat Belgia terancam
A A A
Sindonews - Krisis ekonomi yang melanda Eropa telah merusak sendi-sendi bisnis di ‘Benua Biru’. Salah satu yang terkena imbasnya adalah industri cokelat Belgia.

Seperti diketahui, Belgia terkenal dengan cokelatnya yang berkualitas. Tercatat, sebanyak tiga ratus perusahaan cokelat berbasis di negara tersebut, dengan omset gabungan 2 miliar pounds per tahun.

Para pejabat Belgia berusaha menjaga komoditas unggulannya itu agar tidak terkena dampak resesi. Apalagi industri cokelat memiliki sejarah panjang sejak ‘industri lama’. Cokelat masuk ke Belgia, saat penjelajah Spanyol kembali dari Meksiko membawa buah kakao di abad ke-17.

Dilansir dari Skynews, Rabu (26/12/2012), Asosiasi Kakao Eropa mengungkapkan, pengolahan cokelat di Eropa turun sebesar 17% selama musim panas. Perkembangan industri cokelat kini beralih ke negara berkembang. Di mana biaya tenaga kerja yang rendah dan kacang-kacangan yang tidak perlu dikirim ke Eropa, menjadi pertimbangan para pelaku usaha mengalihkan bisnisnya.

Meski demikian, Menteri Pariwisata Belgia, Christos Doulkeridis yakin negaranya bisa menjaga posisi sebagai raja cokelat. "Kami tidak ingin menjadi yang pertama dalam produksi cokelat. Kami hanya ingin yang pertama dalam produksi cokelat berkualitas," ujarnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6666 seconds (0.1#10.140)