Ibu Kota Pindah, MMC Minat Bangun RS di IKN Nusantara

Sabtu, 05 Maret 2022 - 08:58 WIB
loading...
Ibu Kota Pindah, MMC Minat Bangun RS di IKN Nusantara
Chief Executive Officer (CEO) Metropolitan Medical Centre Hospital atau RSMMC Roswin Rosnim Djaafar. Foto/dok pribadi
A A A
JAKARTA - Industri rumah sakit (RS) siap berekspansi dengan membuka cabang di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Jika merujuk pada Undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara, pada Lampiran 2 disebutkan bahwa pembangunan fasilitas kesehatan dan RS internasional akan mulai dilakukan pada awal 2023 hingga 2025.

Para pelaku industri rumah sakit pun ancang-ancang dan mencari peluang untuk membuka cabang RS di Ibu Kota baru yang berlokasi di kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Chief Executive Officer Metropolitan Medical Centre Hospital atau RSMMC Roswin Rosnim Djaafar menyatakan, RSMMC yang saat ini berkedudukan di kota metropolitan Jakarta memang berniat untuk ekspansi ke lima kota besar di pulau Jawa dan Bali.

Menyusul keputusan pemerintah memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur, RSMMC yang sudah beroperasi lebih dari tiga dekade dan menjadi rujukan pasien dari banyak daerah juga mempertimbangkan untuk buka cabang di IKN Nusantara.

“Kalau di IKN sudah boleh dan memungkinkan, ya kami ingin buka di Ibu Kota baru juga. Apalagi RS ini kan namanya Metropolitan Medical Centre, kalau metro-nya pindah ya mau nggak mau kami juga ikut,” ujarnya dalam sesi wawancara khusus dengan SINDOmedia secara virtual, dikutip Sabtu (5/3/2022).



Saat ini industri kesehatan dan farmasi termasuk rumah sakit sedang seksi-seksinya sehingga banyak dilirik investor. Menurut Roswin, industri rumah sakit juga tergolong tahan banting, bahkan menjadi penopang industri lainnya pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

“Potensinya menarik saat ini sehingga investor berbondong-bondong masuk dan group chain rumah sakit juga sibuk mencari RS baru untuk dibeli. Termasuk RSMMC (akan ekspansi), hanya sedang mencari momen yang pas buat buka cabang,” ungkap alumnus kedokteran Universitas Indonesia (UI) itu.

Ibu Kota Pindah, MMC Minat Bangun RS di IKN Nusantara


Roswin menambahkan, industri rumah sakit di Indonesia masih sangat prospektif untuk dikembangkan mengingat populasi yang besar namun belum diimbangi ketersediaan tempat tidur (bed) atau kamar perawatan di rumah sakit yang memadai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3122 seconds (0.1#10.140)