Cara Cek Keaslian Oli Motor yang Wajib Kamu Tahu

Jum'at, 11 Maret 2022 - 11:23 WIB
loading...
Cara Cek Keaslian Oli Motor yang Wajib Kamu Tahu
Cara Cek Keaslian Oli Motor . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara cek keaslian oli motor h arus dilakukan di tengah peredaran oli palsu begitu mengkhawatirkan. Saat ini para pemilik motor dituntut waspada karena jika oli palsu tersebut masuk ke mesin maka akan sangat membahayakan.

Seperti diketahui bersama, oli berfungsi sebagai pelumas mesin yang akan membuat gesekan yang terjadi di dalam mesin menjadi lancar. Namun jika pelumasnya tidak sesuai standar, sirkulasi mesin akan terhambat dan mesin akan cepat rusak.



Nah, agar terhindar dari penggunaan oli palsu, ada beberapa ciri yang bisa dikenali. Apa saja? Berikut adalah cara mudah untuk membedakannya, diolah dari laman resmi Suzuki, Jumat (11/3/2022):

1. Tutup botol cacat

Ciri oli motor palsu bisa dilihat dari tutup botolnya. Jika muncul kerusakan seperti tutup sudah tidak kencang dan ada beberapa bagian yang penyok, maka besar kemungkinan itu adalah oli palsu.

Selain itu, pada tutup botol oli motor asli pabrikan juga terdapat seal yang akan mengunci tutup botol oli. Coba amati, apakah seal yang terdapat pada tutup botol tersebut sudah hilang? Jika iya maka oli tersebut palsu.

2. Kualitas label buruk

Label pada oli palsu biasanya akan tampak kusam karena menggunakan botol bekas. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki label baru.

Ada juga yang memanfaatkan label baru dengan menggunakan kertas stiker murah. Tentu saja hasil print label tersebut banyak perbedaan dengan yang asli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3315 seconds (0.1#10.140)