Dorong UMKM Lokal sebagai Duta Pariwisata pada Side Event Presidensi G20

Rabu, 09 Maret 2022 - 21:21 WIB
loading...
Dorong UMKM Lokal sebagai Duta Pariwisata pada Side Event Presidensi G20
Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina pada acara acara Setneg Mantul Road to G20 edisi Labuan Bajo , Selasa (8/3/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan dapat memanfaatkan Presidensi G20 yang tahun ini digelar di Indonesia untuk mempromosikan produk-produk lokal unggulan.

Ihwal keterlibatan UMKM lokal tersebut mengemuka pada acara Setneg Mantul Road to G20 edisi Labuan Bajo dengan tema "Akselerasi Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata Nasional melalui G20" di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (8/3/2022).

Ajang yang digelar secara hybrid itu diharapkan dapat mendorong semua bidang humas lintas kementerian dan lembaga (K/L) serta media untuk bersama-sama mengglorifikasi manfaat nyata penyelenggaraan Presidensi G20.

Adapun pemilihan Labuan Bajo adalah dikarenakan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di kabupaten Manggarai Barat ini akan menjadi salah satu venue penyelenggaraan Side Event Presidensi G20 di Indonesia.



Dalam sambutannya, Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengatakan, melalui rangkaian event G20 dan kehadiran para delegasi diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kontribusi dalam mendukung pemulihan ekonomi domestik.

"Rangkaian kegiatan Presidensi G20 dan kehadiran para delegasi akan berpotensi memberi manfaat bagi perekonomian Manggarai Barat yang terpilih menjadi salah satu lokasi side event G20,” ujarnya, dikutip Rabu (9/3/2022).

Dia melanjutkan, manfaat tersebut dapat bersifat langsung maupun tidak langsung. “Manfaat secara langsung terhadap sektor jasa seperti perhotelan, transportasi, UMKM, dan sektor terkait lainnya. Sedangkan secara tidak langsung melalui dampak terhadap persepsi investasi dan pelaku ekonomi," urainya.



Edi juga mengharapkan side event G20 di Labuan Bajo mampu menjadi ajang mempromosikan produk-produk unggulan lokal hasil produksi UMKM di Manggarai Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)