Pasar Pabean akan disulap jadi tempat wisata

Senin, 21 Januari 2013 - 17:07 WIB
Pasar Pabean akan disulap jadi tempat wisata
Pasar Pabean akan disulap jadi tempat wisata
A A A
Sindonews.com - Pasar-pasar lagendaris di Surabaya, Jawa Timur, akan diperkenalkan ke wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah pasar Pabean. Pemkot Surabaya menunjuk Pabean sebagai destinasi wisata baru 'Kota Pahlawan'.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menuturkan, nilai sejarah pasar Pabean tidak perlu diragukan lagi. Makanya, potensi pasar dikembangkan untuk tempat wisata yang memiliki daya tarik tinggi.

“Pada tahap awal pasar Pabean yang akan kami tonjolkan. Kami yakin bisa menambah minat wisatawan yang datang ke Surabaya,” jelas Wiwiek.

Dia mengatakan, pemkot tidak akan mengubah banyak peruntukan pasar Pabean. Kondisi saat ini dianggap cukup untuk menciptakan pesona wisata yang bisa menjadi magnet baru. Makanya, semua infrastruktur dan bangunan yang ada tidak akan diubah.

Keberadaan Pabean, menurut Wiwiek, sama kuatnya seperti Pasar tradisional yang ada di Thailand, Singapura, Malaysia maupun China. “Jadi masih bisa bersaing untuk objek wisata,” katanya.

Setelah Pabean, lanjut Wiwiek, beberapa tempat baru yang memiliki sejarah panjang di Surabaya juga akan digarap. Salah satunya jalur Kalimas yang menjadi cikal bakal berdirinya Surabaya.

“Kami akan melihat lebih dalam, termasuk peluang dan potensinya,” ucap Wiwiek.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Surabaya, Surya Karyanto Wibowo mengatakan, beberapa pasar di Surabaya memang banyak yang memiliki nilai sejarah. Bahkan, sebagian besar peninggalan era terbentuknya Surabaya dari masa penjajahan Belanda.

“Pasar-pasar bersejarah itu masih terjaga. Sampai saat ini masih menjadi tulang punggung ekonomi kota,” ujarnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7026 seconds (0.1#10.140)