Pacu Perkembangan Ekonomi Syariah, Airlangga Sebut Peran BSI, MUI hingga Poputren

Sabtu, 12 Maret 2022 - 19:08 WIB
loading...
Pacu Perkembangan Ekonomi Syariah, Airlangga Sebut Peran BSI, MUI hingga Poputren
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Forum Silaturahmi Ulama dengan alim ulama dan UMKM Pondok Pesantren se-Sulawesi Selatan, di Hotel Claro, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/3/2022). Foto/MPI/Dinar Fitra Maghiszha
A A A
MAKASSAR - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan strategi pemerintah dalam mendorong perkembangan ekonomi syariah.

Menurut dia, sinergi bank-bank BUMN yang berbasis syariah ke dalam Bank Syariah Indonesia (BSI) dapat menjadi mesin pertumbuhan ekonomi umat.

"BSI ini menjadi salah satu engine (mesin) ekonomi umat yang besar dan tentu diharapkan juga dapat mendorong ekonomi UKM dan juga ekonomi keumatan," kata Airlangga dalam Forum Silaturahmi Ulama dengan alim ulama dan UMKM Pondok Pesantren se-Sulawesi Selatan, di Hotel Claro, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (12/3/2022).



Airlangga menilai pondok pesantren memiliki peran cukup signifikan untuk berkontribusi terhadap perekonomian daerah dan nasional.

Menurutnya, program pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait sertifikasi halal gratis dapat mendorong UMKM di tingkat pesantren semakin berkembang.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu menyebut bahwa di tingkat industri, pemerintah terus mendorong pertumbuhan iklim kawasan industri yang berbasis syariah.

"Jadi, pemerintah hadir untuk memberikan biaya untuk sertifikasi halal dan seluruhnya melibatkan MUI. Selain itu juga dibuka ormas-ormas untuk melakukan pendampingan, namun sidangnya tetap oleh MUI," tuturnya.



Ketua Umum Partai Golkar itu juga memastikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong poputren atau populasi santren / santri dalam rangka memacu kegiatan ekonomi para santri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1869 seconds (0.1#10.140)