alexametrics

Hatta : Inflasi 2013 harus di bawah 5%

loading...
Hatta : Inflasi 2013 harus di bawah 5%
Ilustrasi
A+ A-
Sindonews.com - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, pemerintah akan berusaha sekuat tenaga menjaga agar inflasi tidak melewati angka 5 persen pada tahun ini demi menjaga daya beli masyarakat.

"Inflasi kita dapat kendalikan 3,5-5 persen, maka range dibawah itu bisa kita capai untuk daya beli masyarakat kita," ujar Hatta dalam konferensi pers usai Rapat Kerja Pemerintah di JCC, Jakarta, Senin (28/1/2013) malam.

Dia menambahkan, pemerintah akan fokus menjaga daya beli masyarakat kelas terbawah karena golongan inilah yang paling rentan terpukul akibat inflasi. "Kita dorong untuk bagian penting agar tidak terjadi shock agar masyarakat yang paling bawah bisa kita kendalikan (daya belinya)," sambungnya.



Dalam rangka menekan angka inflasi ini, Hatta menggarisbawahi pentingnya pengendalian stok bahan kebutuhan pokok di dalam negeri. Dia menyoroti ketahanan gula dan kedelai yang selama ini masih sangat lemah. Diharapkan, tahun ini stok bahan kebutuhan pokok, khususnya gula dan kedelai bisa ditingkatkan, sehingga harganya tetap stabil dan terjangkau.

"Kita juga kendalikan beras dan bahan pokok lain, sehingga stok kita meningkat, di tambah stok kedelai dan gula bisa meningkat," tukas dia.

Lebih lanjut Menteri berambut putih ini berharap kondisi ekonomi Indonesia secara umum bisa terus terjaga dengan baik seperti pada 2012 lalu. "Tahun 2012 kita tutup dengan sejumlah keberhasilan dan pertumbuhan tidak kurang dari 6,3 persen dari tahun 2012," pungkas Hatta.
(rna)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak