Ini 3 Tips Bijak Kelola Keuangan, Yuk Menabung di MotionBanking Aman, Terjamin & Menguntungkan!

Senin, 14 Maret 2022 - 10:50 WIB
loading...
Ini 3 Tips Bijak Kelola Keuangan, Yuk Menabung di MotionBanking Aman, Terjamin & Menguntungkan!
Mengatur keuangan dengan menggunakan skala prioritas dangat penting. Foto/Ilustrasi/MNC Media
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah membawa beragam dampak pada berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali pada sektor ekonomi. Pemerintah, kalangan pelaku usaha dan masyarakat terus berkolaborasi mengatasi laju pandemi melalui banyak upaya.

Selain itu, protokol kesehatan juga diberlakukan selama masa pandemi termasuk pembatasan mobilitas yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan banyak aktivitas di dalam rumah, termasuk dalam melakukan transaksi serta pengelolaan keuangan.

Selama masa pandemi, sudah pasti Anda harus mengetahui cara mengelola keuangan secara cermat dan disiplin. Jika tidak bisa mengaplikasikan cara mengelola keuangan yang efektif, hal ini akan berpotensi membuat Anda kesulitan dalam memenuhi berbagai kebutuhan.



Lantas bagaimana cara mengelola keuangan yang efektif untuk Anda lakukan terutama selama masa pandemi ini?. Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah mengatur keuangan dengan menggunakan skala prioritas.

Skala prioritas dapat diartikan sebagai ukuran kebutuhan yang tersusun dalam daftar berdasarkan tingkat kebutuhan seseorang. Dimulai dari kebutuhan yang paling penting hingga kebutuhan yang bersifat bisa ditunda pemenuhannya.

Berikut adalah beberapa tips dari MotionBanking yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan berdasarkan skala prioritas.

1. Tingkat Urgensi
Urgensi adalah keadaan di mana masyarakat harus mementingkan sesuatu hal yang harus segera ditindaklanjuti. Dalam mengelola keuangan, Anda harus mengutamakan kebutuhan yang wajib dibayarkan terlebih dahulu seperti bayar biaya listrik, sekolah, dan pembayaran tunggakan atau hutang.

2. Sadari Kemampuan Diri
Jangan lupa untuk menilai terlebih dahulu status keuangan Anda saat ini. Status keuangan adalah berapa banyak yang Anda miliki dibandingkan dengan berapa banyak hutang yang harus diselesaikan.

3. Mempertimbangkan Masa Depan
Pertimbangan untuk masa depan yang dimaksud seperti kepemilikan rumah, penggunaan asuransi, investasi atau memilih tempat menabung yang menguntungkan. Semuanya memiliki sifat jangka panjang dan memengaruhi kehidupan di masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)