alexametrics

Jero minta walikota manfaatkan sampah untuk tenaga listrik

loading...
Jero minta walikota manfaatkan sampah untuk tenaga listrik
Ilustrasi/ist
A+ A-
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik meminta para walikota mendorong penggunaan sampah sebagai sumber tenaga listrik di kotanya masing-masing.

"Para Walikota saya minta ubah mind set. Kalau ada yang mau bikin pembangkit listrik pakai sampah, tolong dipermudah. Jangan ada fee-fee lah," kata Jero usai Sidang DEN ke-9 di Kantornya, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Menurut Jero, penggunaan sampah untuk sumber tenaga listrik akan memberikan keuntungan ganda. Selain mendapatkan listrik, kota juga menjadi bersih dari sampah. "Listriknya dapat, kotanya juga bersih," ujar dia.



Mantan Menteri Pariwisata ini mengungkapkan, pihaknya akan semakin menggalakan pengembangan energi baru dan terbarukan. Di antaranya, biomassa dari sampah. "(Pengembangan) biomassa karena itu menggunakan cangkang kelapa sawit, tebu, dan sampah," ucapnya.

Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) ini optimis penggunaan EBT bisa berkembang pesat, karena pihaknya segera mengejar target dalam rancangan Kebijakan Energi Nasional (KEN) yang diusulkan Dewan Energi Nasional (DEN).

"EBT akan dahsyat perkembangannya, yang dari ESDM akan kita kerjakan dan kita kejar," kata Jero.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak