Yen Jepang jatuh ke level terendah dalam 3 tahun

Rabu, 06 Februari 2013 - 12:03 WIB
Yen Jepang jatuh ke level terendah dalam 3 tahun
Yen Jepang jatuh ke level terendah dalam 3 tahun
A A A
Sindonews.com - Yen jatuh ke level terendah dalam hampir tiga tahun terhadap dolar AS di perdagangan Asia, Rabu (6/2/2013), setelah gubernur Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) mengumumkan akan mengundurkan diri lebih awal dari masa jabatannya.

Dilansir Business Times, mata uang Jepang jatuh ke 93,83 terhadap dolar AS di Tokyo, yang merupakan level terendah sejak Mei 2010. Demikian pula di New York turun 93.61 dan di perdagangan Asia 92.35, Selasa (5/2/2013).

Pengumuman Gubernur BoJ, Masaaki Shirakawa berhenti pada 19 Maret mendatang atau sekitar tiga minggu sebelum akhir masa jabatannya memberikan dampak besar terhadap pasar.

Para analis mengatakan, pengunduran diri Shirakawa memecut pemerintah intensif mencari pengganti yang akan mengambil kebijakan moneter agresif seperti dijanjikan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Diketahui, BoJ dan pemerintahan Abe bersitegang atas masalah-masalah kebijakan.
Bulan lalu, bank mengatakan akan mengadopsi dua persen target inflasi pemerintah baru dalam upaya mengalahkan deflasi yang telah menghantui Jepang selama bertahun-tahun.

Hal ini meluncurkan skema pembelian aset terbatas mulai tahun depan. Tapi, Shirakawa meragukan target inflasi dengan mengatakan tekanan pada bank sentral "meningkat secara global lebih dari sebelumnya".
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5612 seconds (0.1#10.140)