Wirausaha muda dijatah 34% dana KUR

Selasa, 19 Februari 2013 - 12:57 WIB
Wirausaha muda dijatah 34% dana KUR
Wirausaha muda dijatah 34% dana KUR
A A A
Sindonews.com - Pemerintah menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk sektor hulu sebesar 34 persen dari target KUR tahun ini sebesar Rp36 triliun. Pasalnya, banyak wirausaha pemula yang tumbuh di sektor hulu, sehingga perlu didukung agar memiliki kontribusi positif pada perekonomian.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, pada tahun lalu sektor hulu digelontorkan KUR sebanyak 34 persen, maka harapan pada tahun ini tidak akan kurang dari persentase tersebut.

Dukungan dari KUR ini, lanjut Hatta, untuk menciptakan wirausaha muda, karena dalam memberikan seed capital bagi wirausaha pemula tidak memungkinkan menggunakan dana APBN.

“Jadi diperlukan kehati-hatian dalam pemberian KUR, untuk itu lima Kementerian yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan, Kementerian perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Kementerian Perindustrian akan memberikan pembinaan,” jelas Hatta dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/2/2013).

Menurutnya, dalam penyaluran KUR bagi wirausaha baru maka tidak akan dibebani oleh jaminan jika mengajukan pinjaman, pasalnya jaminannya berupa proyek dari wirausaha tersebut. Sehingga perlu ada pembinaan dari berbagai kementerian teknis, agar usahanya bisa berkembang dengan baik.

“Kalau Rp20 juta-Rp50 juta itu boleh meminta jaminan, tergantung dari pada tingkat risikonya. Tapi kalau sampai Rp20 juta tidak menggunakan jaminan, itu bebas,” pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9709 seconds (0.1#10.140)