Mari Elka cari dukungan hingga ke Polandia

Kamis, 21 Februari 2013 - 11:14 WIB
Mari Elka cari dukungan hingga ke Polandia
Mari Elka cari dukungan hingga ke Polandia
A A A
Sindonews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu berkunjung ke Warsawa, Polandia, untuk bertemu dengan pejabat pemerintah setempat. Di antaranya, Menteri Lingkungan Marcin Koralec yang mewakili Menteri Perekonomian, Janusz Piechocinski dan Under Secretary of State Menteri Luar Negeri Jerzy Pomianowski.

Selain hubungan bilateral kedua negara, pertemuan itu membahas mengenai pentingnya peran perdagangan bagi pertumbuhan perekonomian dan penyediaan lapangan kerja, serta masa depan sistem perdagangan multilateral di bawah World Trade Organization (WTO), yang akan memilih Direktur Jenderal baru pada akhir Mei 2013.

"Sejak dibentuk, WTO telah melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan perdagangan, pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja dan berbagai peluang lainnya yang dapat dimanfaatkan. Paling penting keberadaan WTO telah berhasil mengangkat berbagai bangsa dari ancaman kemiskinan," tutur Mari Elka dalam keterangan tertulis yang diterima Sindonews, di Jakarta, Kamis (21/2/2012).

Pembicaraan antar kedua pejabat tinggi ini juga menekankan pentingnya untuk meningkatkan nilai perdagangan, investasi, dan pergerakan antar orang. Terutama di tengah-tengah pelambatan perekonomian di Eropa.

Pelambatan perekonomian yang tengah terjadi justru menjadikan perdagangan memiliki peran vital untuk meningkatkan perekonomian dan penyediaan lapangan kerja. Untuk memastikan sistem perdagangan berjalan tanpa hambatan, maka upaya untuk menjaga keyakinan terhadap sistem perdagangan multilateral menjadi sangat penting.

Sementara, nilai perdagangan Indonesia dan Polandia pada Januari-Oktober 2012 tercatat sebanyak USD417.9 juta. Dikemukakan pula pentingnya memiliki komitmen terhadap aturan sistem perdagangan global menjadi tujuan dibentuknya WTO. Mari Elka yang pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada Oktober 2004 sampai Oktober 2011 menyatakan, sistem perdagangan multilateral adalah solusi bagi berbagai persoalan yang terjadi di tingkat global.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4436 seconds (0.1#10.140)