Muhaimin yakin job fair kurangi pengangguran

Kamis, 21 Februari 2013 - 16:17 WIB
Muhaimin yakin job fair kurangi pengangguran
Muhaimin yakin job fair kurangi pengangguran
A A A
Sindonews.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar meyakini, pelaksanaan bursa kerja (job fair) dapat mempercepat penempatan tenga kerja intelektual dan mengurangi pengangguran di Indonesia yang jumlahnya mencapai 7,24 juta (6,14 persen dari jumlah angkatan kerja).

Karena itu, dia mengajak akademisi di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) di seluruh Indonesia agar menggelar kegiatan bursa kerja secara rutin di kampus. "Pelaksanaannya bisa dilakukan secara mandiri ataupun bekerja sama dengan pemerintah maupun pihak swasta," kata Muhaimin dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Kamis (21/2/2013).

Menurutnya, pelaksanaan bursa kerja merupakan solusi belum optimalnya konsep link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Lembaga pendidikan seolah hanya menerapkan target cepat lulus dan mendapat gelar sarjana, tanpa membekali keterampilan kerja. Sehingga hanya menghasilkan lulusan yang belum siap kerja.

Pihaknya mengklaim, pemerintah terus berusaha menekan pengangguran intelektual. Sehingga, Indonesia tidak akan dipenuhi para pengangguran intelektual yang penyerapan kerjanya rendah. Karena lapangan kerja yang tersedia tak mampu menampung lulusan perguruan tinggi yang minim keahlian dan keterampilan kerja.

Menakertrans mengakui, tenaga kerja yang terampil dan profesional merupakan kunci keberhasilan menjalankan dunia usaha. Sayang, selama ini perusahaan sering mengalami kesulitan mencari sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sesuai kebutuhan perusahaan. "Padahal jumlah pencari kerja sangat banyak," ujarnya.

Menteri asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, pelaksanaan bursa kerja memiliki nilai penting dan strategis untuk mempercepat proses rekrutment dan penempatan tenaga kerja secara praktis, efisien, efektif, dan membantu pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6257 seconds (0.1#10.140)