Ekonom: Agus Marto tidak cocok jadi Gubernur BI

Sabtu, 23 Februari 2013 - 17:28 WIB
Ekonom: Agus Marto tidak cocok jadi Gubernur BI
Ekonom: Agus Marto tidak cocok jadi Gubernur BI
A A A
Sindonews.com - Pengamat ekonomi, Faisal Basri menilai, pencalonan Agus Martowardojo sebagai Gubernur Bank Indonesia kurang tepat.

Seperti diketahui, nama Agus Martowardojo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) telah diajukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai calon tunggal Gubernur BI.

Menurut Faisal, Agus dinilai belum memiliki kapabilitas untuk memimpin BI karena pengetahuannya mengenai kebijakan moneter masih kurang. Pengetahuan dan pengalamannya dalam dunia perbankan tidak aplikatif untuk BI.

"Bank Indonesia itu bukan agregasi dari bank-bank yang ada. Jadi Bank Indonesia itu bukan Bank Mandiri, BNI, BRI digabung. Central bank itu punya logika yang berbeda butuh kemampuan yang berbeda," ujar Faisal saat ditemui dalam acara Lustrum Universitas Brawijaya di Gedung MK, Jakarta, Sabtu (23/2/2013).

Menurut Faisal, Agus Martowardojo lebih pas untuk menjabat sebagai Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena mulai 2014 kebijakan perbankan diserahkan kepada OJK, tidak lagi di BI.

"Dan ingat 2014, (kebijakan) bank-bank dialihkan ke OJK. Pak Agus itu orang bank dan kalau Pak SBY calonkan, ke OJK itu karena pengalaman perbankan dia," ujarnya.

Alumni Unibraw ini menganggap SBY terlalu memaksakan Agus untuk menjadi Gubernur BI dengan hanya mengajukan nama Agus sebagai calon Gubernur BI. Padahal, sebelumnya pada 2008 SBY juga pernah mengajukan nama Agus untuk menjadi calon Gubernur BI dan ditolak DPR.

"Karena keilmuannya dia penting, sehingga gubernur harus punya intuisi yang kuat menghadapi perubahan yang cepat. Maksain benar (SBY), sudah ditolak lagi," pungkas Faisal.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9030 seconds (0.1#10.140)