alexametrics

TGR dapat suntikan dana Rp100 M dari CIMB Niaga

loading...
TGR dapat suntikan dana Rp100 M dari CIMB Niaga
Ilustrasi/ist
A+ A-
Sindonews.com - Proyek minihidro berkekuatan 8 Mega Watt (mw) yang dikelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Jawa Barat (Jabar), PT Tirta Gemah Ripah (TGR) mendapat suntikan dana dari Bank CIMB Niaga senilai Rp100 miliar.

Pinjaman tersebut untuk menyelesaikan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMh) Cirompang yang semestinya rampung pada pertengahan 2012. Dari kredit senilai Rp100 miliar, sekitar Rp95 miliar untuk investasi dan Rp5 miliar untuk modal kerja.

Rencananya, penandatangan penyaluran kredit dari CIMB Niaga akan dilakukan Kamis (28 Maret 2013) di Jakarta. "Kami bersyukur mendapat pinjaman uang dari CIMB Niaga. Dengan demikian, proses pembangunan mikrohidro Cirompang di Garut bisa segera diselesaikan," jelas Direktur Utama PT TGR, Johan Romadhon kepada wartawan di Bandung, Rabu (27/2/2013).



Menurutnya, pembiayaan dari CIMB Niaga dipatok dengan bunga 10 persen per tahun dengan tenor 9 tahun. Pada tahun pertama, PT TGR dibebaskan membayar angsuran. Pembiayaan tersebut akan meng-cover 80 persen modal investasi pembangunan mikrohidro Cirompang senilai Rp130 miliar. Sementara, sisa investasi ditanggung pemilik saham anak perusahaan PT Jasa Sarana ini.

Dia menerangkan, investasi pembangunan mikrohidro terserap oleh pengadaan alat dan kontruksi. Peralatan pipa dan turbin membutuhkan biaya besar. Sedangkan biaya investasi tanah seluas 8 hektare dan perizinan senilai Rp7 miliar.

Johan menjelaskan, proyek PLTMh Cirompang bergulir melalui pola Build, Own, and Operate (BOO). Kapasitas produksi mikrohidro ini mencapai 4x2 Mega Watt (MW) atau menjadi 8 MW per tahun. Dari hasil produksi listrik tersebut, PT TGR akan memperoleh revenue yang besar, sekitar Rp34 miliar per tahun dengan keuntungan sekita Rp8 miliar sampai Rp10 miliar per tahun.

"Kami berharap, pada Agustus tahun ini bisa selesai, dan bisa beroperasi secara komersil pada November 2013 setelah proses sertifikasi selesai," katanuya.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak