Minat Melantai di Pasar Saham Tak Terpengaruh Pandemi Covid-19

Jum'at, 24 April 2020 - 14:47 WIB
loading...
Minat Melantai di Pasar Saham Tak Terpengaruh Pandemi Covid-19
Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, adanya virus corona tidak terlalu berpengaruh pada minat perusahaan untuk mencatatakan namanya di bursa saham atau (initial public offering/IPO). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, adanya virus corona tidak terlalu berpengaruh pada minat perusahaan untuk mencatatakan namanya di bursa saham atau (initial public offering/IPO). Meskipun saat ini kondisi pasar saham sedang lesu karena virus corona.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djayadi mengatakan, pandemi corona ini memang tidak menyurutkan minat perusahaan untuk IPO. Tercatat ada sekitar 9 perusahaan yang melakukan IPO selama masa pandemi corona ada di Indonesia.

Lebih lanjut Inarno mengungkapkan, pihaknya tidak melarang dan menyambutnya dengan tangan terbuka. Meskipun dalam proses pembukaannya agak sedikit berbeda dari biasannya karena diadakan tanpa seremonial dengan bertatap muka langsung.

"Kami melihat bahwa volatilitas pasar akibat pandemi ini tidak menyurutkan minat perusahaan untuk masuk ke pasar modal. Meskipun ada perubahan dari sisi seremonial," ujarnya dalam video teleconfrence di Jakarta, Jumat (24/4/2020).

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna memaparkan, sudah 26 perusahan telah mencatatkan sahamnya sepanjang 2020 ini. Sedangkan terdapat 18 perusahan yang masih berada dalam daftar tunggu (pipeline) IPO

Tak berhenti sampai disitu, ada 4 perusahaan yang berencana menerbitkan obligasi atau surat utang baru. Kemudian ada juga 5 perusahaan yang akan mencatatkan efek lainnya seperti Exchange Traded Fund (ETF) dan dan 1 perusahaan Dana Investasi Real Estate (DIRE)

"Saat ini sudah terdapat 26 perusahaan baru dan total pipeline per 23 april 2020 terdapat 28 lagi pencatat efek baru," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5147 seconds (0.1#10.140)