Ini 10 orang terkaya di dunia 2013

Selasa, 05 Maret 2013 - 14:12 WIB
Ini 10 orang terkaya di dunia 2013
Ini 10 orang terkaya di dunia 2013
A A A
Sindonews.com - Forbes kembali mengumumkan daftar orang terkaya di dunia 2013. Sebagai kriteria penilaian, kekayaan dihitung secara global yang dijadikan acuan dalam penilaian.

Dilansir dari Forbes, Selasa (5/3/2013), Majalah bergengsi itu memberikan peringkat untuk 1.426 nama dari orang-orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan bersih USD5,4 triliun, naik dari USD4,6 triliun di 2012. Dari semua nama tersebut, sebanyak 386 berasal dari Asia Pasifik, 366 dari Eropa, 129 dari Amerika dan 103 berasal dari Timur Tengah dan Afrika.

Carlos Slim Helu tercatat mampu mempertahankan posisi teratas sebagai orang terkaya di dunia. Kemudian diikuti Bill Gates pada posisi kedua, sementara Amancio Ortega, pemilik perusahaan retail Zara melesat naik ke peringkat ketiga untuk pertama kalinya.

Jadi, siapa saja orang terkaya dunia versi Forbes dengan nilai, sumber pendapatan hingga negara asalnya. Berikut 10 miliarder dunia versi Forbes:

1. Carlos Slim Helu

Negara asal: Meksiko
Nilai kekayaan: USD73 miliar
Sumber kekayaan: Telecom

Carlos Slim Helu mempertahankan tempatnya sebagai pria terkaya di dunia untuk tahun keempat berturut-turut. Kekayaannya melonjak USD4 miliar dari 2012 terdorong harga saham pada perusahaannya, Grupo Financiero Inbursa, dan industri ritel raksasanya Grupo Carso. Dan tahun ini ia menambahkan sepakbola ke dalam bisnisnya dengan membeli Mexico's Leon, Pachuca clubs dan Spain's Real Oviedo.

2. Bill Gates

Negara asal: AS
Nilai kekayaan: USD67 miliar
Sumber kekayaan: Microsoft

Kekayaan Bill Gates naik USD 6 miliar dari bulan Maret lalu karena kenaikan portofolio investasinya dan kepemilikannya di ekuitas swasta, obligasi, dan saham perusahaan seperti perusahaan Ecolab, perusahaan televisi Mexican Televisa, dan perusahaan minuman terbesar Amerika Latin FEMSA.

Bill Gates, menjadi orang terkaya dan paling dermawan di dunia. Gates telah memberikan lebih dari USD28 miliar untuk Bill & Melinda Gates Foundation.

3. Amancio Ortega

Negara asal: Spanyol
Nilai kekayaan: USD57 miliar
Sumber kekayaan: Zara

Amancio Ortega adalah pemenang terbesar tahun ini, kekayaannya naik USD19,5 miliar, mendorong kekayaannya ke rekor tinggi dan memindahkannya ke posisi terkaya ketiga menggeser Warren Buffett.

Dia menguasai hampir 60 persen saham perusahaan tekstil Inditex, yang naik lebih dari 50 persen. Selain itu, Perusahaan yang beroperasi dengan berbagai merek termasuk Zara, Massimo Dutti dan Stradivarius, memiliki hampir 5.900 toko di 86 negara.

4. Warren Buffett

Negara asal: AS
Nilai kekayaan: USD53,5 miliar
Sumber kekayaan: Berkshire Hathaway

Meskipun posisinya telah digeser Amancio Ortega, Buffet tetap masuk jajaran orang terkaya dunia dengan keberhasilan yang mengagumkan. Kekayaannya bertambah USD9,5 miliar.

Pada bulan Februari, Buffett mengumumkan perjanjian kesepakatan modal dengan 3G, perusahan asal Brasil milik miliarder Jorge Paulo Lemann. Kesepakatan ini untuk membeli saham perusahaan saus dan kecap HJ Heinz Co senilai USD23,2 miliar.

5. Larry Ellison

Negara asal: AS
Nilai kekayaan: USD43 miliar
Sumber kekayaan: Oracle

Orang kelima terkaya di dunia ini berhasil meningkatkan kekayaannya hingga USD 7 miliar karena terdorong lonjakan lebih dari 20 persen nilai saham Oracle. Tahun lalu, orang terkaya ketiga di Amerika ini batu saja merealisasikan akuisisi real estate di Pulau Hawaii dari David Murdock.

6. Charles Koch

Negara asal: AS
Nilai kekayaan: USD34 miliar
Sumber kekayaan: beragam

CEO Koch Industries Inc ini memiliki kekayaan sebesar USD34 miliar. Penjualan dari Koch Industries ditaksir mencapai USD115 miliar pada tahun lalu, naik sebesar USD20 miliar dari perioda tahun sebelumnya.


7. David Koch


Negara asal: AS
Nilai kekayaan: USD34 miliar
Sumber kekayaan: beragam

Charles Koch dan saudaranya David Koch bersama-sama memiliki 84 persen Koch Industries, perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika. Forbes memperkirakan penjualan perusahaan tersebut mencapai USD115 miliar, naik dari tahun lalu USD100 miliar.

8. Li Ka-shing

Negara asal: Hong Kong
Nilai kekayaan: USD31 miliar
Sumber kekayaan: Diversifikasi

Chairman Hutchison Whampoa yang berusia 84 tahun ini memiliki kekayaan sebesar USD31 miliar. DIa merupakan orang terkaya di Asia. Dia mendapatkan USD5,5 miliar dari kenaikan saham perusahaanya, Cheung Kong, Hutchison Whampoa dan Husky Energy yang semuanya meningkat 10 persen atau lebih pada tahun lalu.

9. Liliane Bettencourt & Keluarga

Negara asal: Perancis
Nilai kekayaan: USD30 miliar
Sumber kekayaan: L'Oreal

Liliane Bettencourt merupakan ahli waris L'Oreal yang menderita demensia. Dia merupakan wanita terkaya di dunia, berkat peningkatan 30 persen dalam nilai saham perusahaan kosmetik Perancis tersebut senilai USD6 miliar.

10. Bernard Arnault & Keluarga

Negara asal: Perancis
Nilai kekayaan: USD29 miliar
Sumber kekayaan: LVMH

Chairman dan CEO LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton ini memiliki kekayaan sebesar USD29 miliar. Bernard Arnault & family mengendalikan perusahaan fashion seperti Louis Vuitton dan Bulgari. Posisinya merosot dari posisi sebelumnya orang terkaya keempat di dunia menjadi ke-10 karena berbagai permasalahan terkait kepemilikan saham.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4376 seconds (0.1#10.140)