Medco Power siap pasok listrik di Batam 70 MW

Selasa, 05 Maret 2013 - 17:53 WIB
Medco Power siap pasok listrik di Batam 70 MW
Medco Power siap pasok listrik di Batam 70 MW
A A A
Sindonews.com - Direktur Utama PT Medco Power Indonesia (Medco Power), Fazil Alfitri menyampaikan bahwa mesin pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) dengan kapasitas 70 MW telah masuk Batam, Kepulauan Riau pada pekan ini. PLTG tersebut adalah jenis Heavy Duty Frame 6B buatan GE Perancis.

Medco Power melalui anak usahanya PT Energi Listrik Batam telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dengan PT PLN Batam pada 15 Oktober 2012, dimana PLTG ini direncanakan akan menyuplai energi listrik di Batam pada 2014 dan untuk jangka waktu 20 tahun.

PLTG ini berbahan bakar gas yang diperoleh dari KKS Blok A Natuna Kepulauan Riau yang dioperasikan oleh Premier Oil Natuna Sea BV yang akan suplai 20 BBTUD sebagai bagian dari domestic market obligation atau DMO.

"Ini menunjukkan komitmen Medco Power sebagai developer pembangkit tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan energi listrik di Batam, khususnya pembangkit listrik dengan bahan bakar ramah lingkungan. Jadwal operasi PLTG ini akan sangat bergantung pada jadwal ketersediaan gas dimana saat ini masih dibicarakan dengan Pemerintah melalui Kementrian ESDM, SKK Migas, Penjual Gas Blok A Natuna, PT PLN Batam dan Medco Power," jelas Fazil Alfitri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (5/3/2013).

Untuk menyalurkan gas ke PLTG ini, Konsorsium PT PLN Batam dan Medco Power melalui anak usahanya PT Universal Batam Energy sedang melakukan pengadaan pipa gas sepanjang 14 km yang akan segera dilanjutkan dengan konstruksi pada pertengahan tahun 2013. Pipa gas ini akan mempunyai nilai strategis karena akan membuka jalur penyaluran gas dari Kepulauan Natuna ke Batam.

Fazil sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah dan stakeholders lainnya yang terkait agar penyaluran gas ke PLTG dapat dilakukan segera, sehingga Batam mempunyai ketahanan energi listrik dengan memanfaatkan alokasi gas DMO dari Kepulauan Natuna.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6390 seconds (0.1#10.140)