PTBA gelar operasi katarak gratis

Rabu, 06 Maret 2013 - 19:23 WIB
PTBA gelar operasi katarak gratis
PTBA gelar operasi katarak gratis
A A A
Sindonews.com - PT Bukit Asam (Persero) Tbk (PTBA) menggelar kegiatan operasi katarak gratis dan pengukuran kaki palsu di Rumah Sakit (RS) PTBA, Rabu (6/3/2013). Kegiatan yang diperuntukan bagi warga ring I perusahaan yakni, Kabupaten Muaraenim dan Lahat ini bekerja sama dengan Kick Andy Foundation.

Ketua Panitia Operasi Katarak Gratis PTBA, Zulfahmi mengatakan, jumlah pasien yang akan dioperasi sebanyak 120 orang yang terdiri dari 78 orang berasal dari Kabupaten Muaraenim dan 42 orang dari Kabupaten Lahat.

Proses ini, kata dia, telah berjalan sejak dua bulan yang lalu bekerja sama dengan Kodim Muaraenim dan Lahat untuk mencari pasien. Rata-rata usia pasien yang akan dioperasi 55 tahun. Selain operasi katarak gratis, juga diadakan pengukuran kaki palsu untuk masyarakat kurang mampu yang menderita kaki cacat. Hingga saat ini, tercatat telah enam orang yang sudah mendaftar.

"Nantinya jika ada dari masyarakat yang ingin mendaftarkan, bisa memberitahukan kepada pihak kami," ujar Zulfahmi.

Pelaksana Harian Kick Andy Foundation, Ali Sadikin mengatakan, Indonesia merupakan urutan kedua setelah Ethiopia untuk kasus kebutaan. Setiap tahun, tercatat sekitar 250 ribu orang yang mengalami kebutaan baru. Sedangkan yang dapat ditangani melalui berbagai operasi dan bantuan sosial sebanyak 150 ribu orang.

"Selama ini, kami bekerja sama dengan RS Cicendo Bandung dan Yayasan Kesetiakawanan dan Sosial tidak hanya memberikan bantuan operasi katarak. Namun juga bantuan bagi masyarakat yang menderita kebutaan dari kecil serta bantuanaudio book dan buku braile," terang dia.

Direktur Utama PTBA, Milawarma menuturkan, awalnya PTBA kesulitan mencari pasien katarak dan kaki palsu. Namun, dengan bantuan dari semua elemen masyarakat akhirnya bisa dikumpulkan 120 orang pasien katarak dan tujuh pasien kaki palsu.

"Agar keberadaan PTBA juga dapat memberikan barokah kepada alam dan masyarakat. Maka kita tidak hanya mau mencari duit saja, namun juga harus seimbang antara sosial dan mencari keuntungan," ujar Milawarma.

Bupati Muaraenim yang diwakili Asisten Pemerintahan, Bulgani Hasan mengatakan, kegiatan kepedulian ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Muaraenim Sehat Mandiri Agamis dan Sejahtera (SMAS). "Semoga saja kegiatan ini juga dapat diikuti perusahaan-perusahaan lain, karena dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," tukas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5827 seconds (0.1#10.140)