alexametrics

Kebijakan monoter Jepang kini di tangan Kuroda

loading...
Kebijakan monoter Jepang kini di tangan Kuroda
Haruhiko Kuroda, gubernur BoJ baru/Foto: Istimewa
A+ A-
Sindonews.com - Parlemen Jepang telah menyetujui manajemen baru di Bank Sentral Jepang (Bank Sentral Jepang/BoJ), mendukung langkah pemerintah mengambil kebijakan moneter dalam upaya mendorong kembali ekonomi terbesar ketiga di dunia itu.

Majelis tinggi memberi lampu hijau untuk Haruhiko Kuroda sebagai Gubernur BoJ, yang merupakan mantan kepala Bank Pembangunan Asia (ADB) guna melakukan langkah-langkah agresif pelonggaran moneter, setelah pendahulunya gagal mengubah nasib Jepang.

Dilansir The Star Online, Jumat (15/3/2013), DPR Jepang juga menyetujui Kikuo Iwata dan Hiroshi Nakaso sebagai deputi gubernur mendampingi Kuroda, dengan suara bulat meskipun peringatan datang dari oposisi yang menentang Iwata.



Setelah mendapat persetujuan dari parlemen, tim manajemen baru BoJ akan mengambil posisi mereka minggu depan dengan fokus membahas kebijakan pertama mereka bulan depan.

"Harapan tinggi bertumpu pada kemampuan kepemimpinan bank baru Jepang untuk merevitalisasi perekonomian," kata Capital Economics berbasis di London dalam catatannya.

Dalam beberapa kesempatan, Kuroda berulang kali mengatakan kebijakan moneter dapat mengakhiri deflasi yang diderita Jepang selama 15 tahun. Hal ini yang membuat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, tertarik memboyongnya ke posisi tertinggi di bank sentral.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak