alexametrics

Ini tanggapan Mendag Gita setelah 'disemprot' SBY

loading...
Ini tanggapan Mendag Gita setelah disemprot SBY
Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan/Foto: Ist
A+ A-
Sindonews.com - Akibat meroketnya harga bawang merah dan bawang putih, Menteri Perdagangan (Mendag) dimarahi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY menilai, para bawahannya yang bertanggung jawab terhadap stabilitas harga komoditas pangan, yakni Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan) tidak tanggap menyikapi lonjakan harga bawang. Bagaimana tanggapan Mendag Gita setelah dimarahi SBY?

Gita Wirjawan menyatakan akan segera melakukan langkah-langkah konkrit dalam rangka menstabilkan harga dan pasokan bawang setelah mendapat teguran dari Presiden. Dia berjanji akan segera menyelesaikan persoalan ini.



"Kita justru melakukan amanah beliau untuk selesaikan masalah ini dan harus cepat," ujar Gita usai inspeksi mendadak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Seperti diketahui, dalam sepekan terakhir, harga komoditas bawang putih dan bawang merah benar-benar menghimpit masyarakat. Harga dua komoditi bawah putih dan bawang merah naik hingga 100 persen. Akibat hal ini, omzet pedagang menurun hingga 25 persen.

Jika dalam kondisi normal bawang putih dijual dengan harga Rp20 ribu hingga Rp22 ribu per kg. Namun, saat ini bawang putih dijual dengan harga Rp44 ribu sampai Rp50 ribu per kg. Sementara, harga bawang merah yang awalnya dijual Rp20 ribu sampai Rp23 ribu per kg, kini naik mencapai Rp50 ribu hingga Rp55 ribu per kg.

Akibat hal ini, Presiden SBY memanggil Mentan Suswono dan Mendag Gita ke Istana. Dalam pidatonya di Istana Negara kemarin, SBY meminta Mendag dan Mentan untuk tidak terus bersilat lidah serta segera menyelesaikan masalah ini, kalau perlu 'tidak tidur'.
(gpr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak