Pegadaian Optimalkan Saluran Komunikasi Internal

Rabu, 30 Maret 2022 - 09:53 WIB
loading...
Pegadaian Optimalkan Saluran Komunikasi Internal
VP Corcomm PT Pegadaian Basuki Tri Andayani
A A A
JAKARTA - PT Pegadaian terus mengoptimalkan pemanfaatan saluran komunikasi untuk membangun keterikatan (engagement) karyawan, masyarakat maupun pemangku kepentingan lainnya. Hal tersebut disampaikan oleh VP Corcomm PT Pegadaian, Basuki Tri Andayani yang tampil sebagai salah satu narasumber dalam acara 2nd PR Outlook 2022 yang digelar secara virtual oleh Iconomics Selasa (29/02/2022).

Basuki mengatakan, praktisi Public Relations (PR) harus adaptif terhadap lingkungan bisnis yang berubah cepat. Jika di masa pandemi strategi komunikasi perusahaan berubah dari situasi normal ke situasi krisis, maka saat ini strategi komunikasi berubah dari situasi krisis menuju normal.

“Masa pandemi di satu sisi menjadi musibah, namun di sisi lain memberikan berkah berupa percepatan komunikasi digital. Selama dua tahun terakhir, masyarakat semakin familier dengan model komunikasi digital”.

Ungkapan Basuki tidak berlebihan, hal ini tampak dari pertumbuhan pengguna aplikasi Pegadaian Digital maupun Pegadaian Syariah Digital. Aplikasi yang diluncurkan pada 2018 tersebut mengalami pertumbuhan pengguna yang sangat menggembirakan.

Data menunjukkan pengguna aplikasi pada 2019 tercatat 2,18 juta, meningkat berturut turut menjadi 3,81 juita pengguna pada 2020 dan 5,06 juta pengguna pada 2021. Jumlah transaksi digital pun mengalami peningkatan, dari Rp1,57 triliun pada 2019 meningkat menjadi Rp5,09 triliun pada 2020 dan Rp6,92 triliun pada 2021.

Lebih lanjut Basuki mengatakan bahwa perubahan komunikasi perusahaan dari masa pandemi ke endemi akan menjadi hal yang menantang, karena ada kerinduan dari para pemangku kepentingan untuk melakukan aktivitas komunikasi secara konvesional.

“Selama pandemi aktivitas rapat, seminar, event korporasi dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan teknologi digital. Ke depan tentu kita tidak mungkin menghilangkan sama sekali model komunikasi ini. Maka tantangannya adalah bagaimana mengoptimalkan sarana komunikasi digital yang relatif bersifat mekanis tersebut untuk tetap menyampaikan pesan-pesan yang humanis dan empatis,” kata Basuki.

Sementara itu CEO dan Founder The Iconomics Bram S. Putro dalam sambutannya mengatakan, Sementara itu CEO dan Founder The Iconomics Bram S. Putro dalam sambutannya mengatakan insan public relations (PR) telah beradaptasi dengan Covid-19 lebih dari 2 tahun, kondisi ini mengubah banyak pola komunikasi dan engagement PR dengan pemangku kepentingannya.

“Berdasarkan pengamatan yang kami lakukan, secara benang merah, strategi komunikasi perusahaan/lembaga sangat mengedepankan inovasi. Perilaku audiens atau stakeholder yang berubah harus diimbangi dengan perubahan pola pengemasan komunikasinya,” kata Bram.

Acara 2nd PR Outlook tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Road to 3nd PR Awards dan PR Person Award yang akan digelar pada Juli 2022. Gelaran tersebut diharapkan dapat mendorong para Insan PR untuk terus berkarya demi kemaslahatan bangsa.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0872 seconds (0.1#10.140)