HKTI dukung Bulog dan RNI impor bawang putih

Sabtu, 16 Maret 2013 - 14:37 WIB
HKTI dukung Bulog dan RNI impor bawang putih
HKTI dukung Bulog dan RNI impor bawang putih
A A A
Sindonews.com - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mendukung usulan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan agar Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) ikut mengimpor bawang putih dalam rangka menjaga kestabilan harga bawang putih di dalam negeri.

Namun, HKTI memberi catatan agar Bulog dan RNI tidak mengimpor bawang putih hanya demi mencari laba, melainkan harus bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan bawang putih dengan harga terjangkau.

"Bagus, asal Bulog dan RNI benar-benar transparan dan tidak berburu rente," ucap Sekretaris Jenderal HKTI, Fadli Zon usai acara Polemik Sindo Radio di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (16/3/2013).

Selain itu, Fadli juga berpesan agar BUMN yang ikut mengimpor bawang putih tidak dimanfaatkan sebagai sapi perah oleh partai politik tertentu demi mendanai kepentingan politik seperti yang pernah terjadi di masa-masa sebelumnya.

"Kami lebih senang sebenarnya kalau yang melakukan impor itu BUMN. Tapi BUMN juga harus transparan, jangan seperti di masa lalu menjadi bancakan dari partai penguasa," tandas dia.

Sebelumnya diberitakan, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku prihatin dengan meroketnya harga bawang putih hingga Rp50 ribu per kg. Untuk membantu stabilisasi harga bawang putih, Dahlan mengusulkan agar dua BUMN, yaitu PT RNI dan Perum Bulog diberi peran menjaga pasokan dengan cara ikut mengimpor bawang putih.

"Saya minta Bulog dan RNI menjajaki kemungkinan bisa mengimpor bawang, agar ketersediaan barang tercukupi, sehingga harga bisa ditekan. Silahkan Bulog mengurus perizinannya," kata Dahlan.

Menanggapi usulan ini, Menteri Pedagangan (Mendag), Gita Wirjawan menyatakan akan mempertimbangkannya. "Nanti kita akan duduk dengan mereka (BUMN)," ujar Gita, kemarin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6245 seconds (0.1#10.140)