Toyota Etios Valco resmi mengaspal di Surabaya

Kamis, 21 Maret 2013 - 19:12 WIB
Toyota Etios Valco resmi mengaspal di Surabaya
Toyota Etios Valco resmi mengaspal di Surabaya
A A A
Sindonews.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali meluncurkan varian mobil terbaru di kelas city car, Toyota Etios Valco. Mobil ini diyakini akan menyaingi Honda Brio, Nissan March, Mistubihi Mirage, dan KIA Picanto. Kini, mobil mungil tersebut telah melintas di Surabaya.

"Toyota Etios Valco ini memang berada di bawah Yaris. Varian ini memang untuk mengisi pasar low end," kata Direktur Pemasaran PT TAM, Joko Trisanyoto saat launching Toyota Etios Valco di Surabaya, Kamis (21/3/2013).

Dia menjelaskan, Etios Valco ini pertama lahir di India. Namun, ketika di Indonesia varian ini disesuaikan dengan karakter masyarakat serta medan di Indonesia. Ada beberapa pebenahan baik interior maupun ekstrior pada mobil yang ditanami mesin 1,197 cc.

Seperti pada posisi kursi mobil yang disesuaikan dengan postur orang Indonesia. Kemudian ground clear (Jarak mesin dengan tanah) yang didesain cukup tinggi untuk kelas city car. "Untuk Etios Valco ini ground clear-nya sekitar 170 centi meter. Sehingga ketika melintas di medan berbatu atau banjir tetap aman," katanya.

Menurutnya, Toyota Etios Valco ini merupakan produk dari Toyota Indonesia dan hasil karya anak-anak bangsa untuk pasar Indonesia. Saat ini, lokal konten di Toyota Etiso Valco mencapai 50 persen dan pada tahun depan mencapai 80 persen. Hal itu menyusul sudah diresmikannya pabrik Toyota yang baru di Indonesia.

Toyota Etios Valco tampil di Indonesia dengan tiga Tipe. Untu Tipe Etios 1.2 J M/T dibanderol Rp140,2 juta, Etios 1.2 E M/T dibanderol Rp154,6 juta dan Etios 1.2 G M/T dibanderol Rp166,3 juta.

Dalam beberapa tahun segmen city car menunjukkan pertumbuhan yang cukup tinggi. Pada 2009, total market di segmen ini mencapai 42.866 unit dan 2012 total market mencapai 118.244 unit atau meningkat 175,84 persen dalam kurun waktu tiga tahun.

"Pasar di segmen ini masih menjanjikan meski boleh dibilang peluncuran unit untuk kelas low end bagi Toyota yang paling terakhir dibanding ATPM lainnya," tukas Joko.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5903 seconds (0.1#10.140)