alexametrics

Jepang-Eropa negosiasi perdagangan bebas pekan depan

loading...
Jepang-Eropa negosiasi perdagangan bebas pekan depan
Ilustrasi/Foto: Istimewa
A+ A-
Sindonews.com - Jepang dan Uni Eropa akan mengadakan pertemuan puncak pekan depan, di mana mereka diharapkan secara resmi memulai negosiasi kesepakatan perdagangan bebas.

Dilansir Global Post, Jumat (22/3/2013), Presiden Uni Eropa Herman Van Rompuy dan Kepala Komisi Eropa Jose Manuel Barroso akan mengunjungi Tokyo menghadiri pertemuan puncak satu hari dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, yang dijadwalkan Senin, 25 Maret 2013.

Kedua belah pihak diharapkan dapat mencapai kesepakatan akhir yang akan melihat peluncuran negosiasi yang ditunggu-tunggu, bertujuan untuk meliberalisasi perdagangan dan menghilangkan hambatan pada layanan dan investasi.



Menjelang KTT, kedua pemimpin Eropa akan berpidato sebelum bertemu dengan para pemimpin bisnis Jepang di Tokyo, pada siang hari.

Uni Eropa dan para pemimpin Jepang juga berencana memulai pembicaraan terpisah pada "kesepakatan politik" yang menampilkan kerja sama keamanan, lingkungan dan ilmu pengetahuan-teknologi.

Diketahui, Menteri Perdagangan Uni Eropa sepakat pada November 2012 lalu, untuk memulai pembicaraan perdagangan bebas dengan Tokyo. Namun, langkah ini membuat mobil Eropa dan sebagian produsen mobil lainnya takut penghapusan tarif akan menyebabkan kenaikan impor mobil dari Jepang, menunjuk kesepakatan perdagangan sebelumnya dengan Korea Selatan.
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak