Peti Kemas Indonesia berpotensi monopoli

Jum'at, 29 Maret 2013 - 20:12 WIB
Peti Kemas Indonesia berpotensi monopoli
Peti Kemas Indonesia berpotensi monopoli
A A A
Sindonews.com - Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (Alfi), Iskandar Zulkarnaen mengatakan, perluasan pelabuhan berdampak pada keinginan pemerintah membuat PT Peti Kemas Indonesia.

"Seharusnya fokus saja pada pelayanan. Perluasan pelabuhan kami sangat setuju. Namun, adanya PT Peti Kemas Indonesia bisa menjadi perusahaan monopoli di pelabuhan. Karena sebelumnya aktivitas bongkar muat swasta kan ada, dan telah lama menjadi mitra PT Pelindo," ucap dia saat dihubungi, Jumat (29/3/2013).

Iskandar mengaku, banyak pihak yang dirugikan. Tak hanya pengusaha pelabuhan rakyat, namun juga pengusaha lain yang lama berkecimpung dalam pelabuhan nasional. "Jangan hanya memberi pelayanan kepada asing. Kami ini juga pembayar pajak yang perlu diperhatikan," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur PT Pelindo I (persero), Alfred Natsir mengungkapkan, perluasan pelabuhan mengikuti perkembangan dalam dunia perdagangan kepelabuhanan. "Kalau mengenai pelabuhan rakyat, kami di Pelindo I khususnya di wilayah belawan mengakomodasi mereka. Kami bikin pelabuhan baru buat mereka," ujarnya.

Mengenai rencana penggabungan PT Pelindo mendirikan PT Terminal Peti Kemas Indonesia, dia mengaku, rencana tersebut sedang jalan dan masih dalam proses.

"Kita masih berjalan. Mengenai tudingan monopoli saya kira tidak benar. Karena monopoli itu juga ada aturannya," pungkas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4132 seconds (0.1#10.140)