Kuroda hanya punya waktu setahun atasi inflasi

Rabu, 03 April 2013 - 14:07 WIB
Kuroda hanya punya waktu setahun atasi inflasi
Kuroda hanya punya waktu setahun atasi inflasi
A A A
Sindonews.com - Gubernur Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) Haruhiko Kuroda akan melakukan segala cara untuk mengakhiri deflasi dan menghidupkan kembali ekonomi terbesar ketiga di dunia itu dalam dua tahun. Namun, dia sebenarnya hanya memiliki waktu tidak lebih dari setahun, seperti yang ditetapkan pemerintah.

Goldman Sachs Group Inc dan JPMorgan Chase & Co mengatakan, Kuroda membutuhkan kenaikan harga enam sampai 12 bulan atau pasar akan kehilangan kepercayaan terhadap kemampuannya mencapai target inflasi 2 persen pada 2015.

BoJ akan meningkatkan pembelian obligasi bulanan sekitar 50 persen menjadi 5,2 triliun yen (USD55,5 miliar) pada pertemuan dua hari mulai hari ini, menurut perkiraan median dalam survei ekonom yang dilansir dari Bloomberg, Rabu (3/4/2013).

Tekanan untuk tumbuh di tengah keraguan ekonom dan mantan pejabat BoJ mengenai apakah Kuroda dapat memenuhi batas waktu atau tidak. Karena yang dipertaruhkan adalah kredibilitas program ekonomi Perdana Menteri Shinzo Abe, dijuluki 'Abenomics'.

"Kuroda tidak memiliki waktu dua tahun. Dia harus menunjukkan bahwa inflasi mendekati 1 persen dalam setidaknya satu tahun. Jika tidak bisa melakukan itu, maka kekuatan Abenomics akan diragukan," kata Masamichi Adachi, ekonom senior dari JPMorgan, Tokyo yang juga mantan pejabat BoJ.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9750 seconds (0.1#10.140)