Akhir pekan, IHSG diprediksi parkir di zona hijau

Jum'at, 12 April 2013 - 08:07 WIB
Akhir pekan, IHSG diprediksi parkir di zona hijau
Akhir pekan, IHSG diprediksi parkir di zona hijau
A A A
Sindonews.com - Pada perdagangan akhir pekan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi memiliki peluang untuk menguat melanjutkan posisi yang berhasil diciptakan kemarin.

"Hari ini, kami proyeksikan IHSG akan bergerak mixed dengan kecenderungan menguat. Kisaran support-resistance 4.904-4.943," terang analis riset PT Panin Sekuritas, Purwoko Sartono, Jumat (12/4/2013).

Di luar dugaan, IHSG kemarin ditutup menguat signifikan didorong oleh sentimen positif dari bursa regional. Beberapa diantaranya bahkan menguat di atas 1 persen, seperti yang terjadi pada S&P500, Nasdaq dan FTSE.

"Penguatan ini didorong oleh impor China, rencana stimulus Jepang dan optimisme akan laporan keuangan kuartal I/2013," ujarnya.

Kuatnya ekonomi China terlihat dari permintaan barang impor bulan Maret yang tumbuh 14 persen. Gubernur Bank Jepang akan melakukan segala langkah untuk mencapai inflasi sebesar 2 persen yang ditargetkan tercapai dalam kurun waktu 2 tahun.

The Fed dalam FOMC mengungkapkan akan terus melakukan stimulus sebesar USD85 miliar/bulan setidaknya hingga akhir 2013 sampai pasar tenaga kerja mengalami pemulihan.

Selain itu, Bank Sentral Eropa akan terus menjaga suku bunga rendah dan terus menyuntikkan likuiditas di perbankan Eropa. Pinjaman dana bantuan untuk Portugal dan Irlandia juga akan diperpanjang hingga 7 tahun sampai kedua negara tersebut bisa secara mandiri meminjam dana dari kreditor Internasional.

"Dari dalam negeri, investor juga menyambut positif dipertahankannya BI rate pada level 5,75 persen. BI juga optimis tekanan inflasi akan menurun," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5750 seconds (0.1#10.140)