Hipmi optimistis Indonesia sanggup hadapi AEC

Kamis, 18 April 2013 - 12:03 WIB
Hipmi optimistis Indonesia sanggup hadapi AEC
Hipmi optimistis Indonesia sanggup hadapi AEC
A A A
Sindonews.com - Ketua umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Raja Sapta Oktohari mengatakan, pihaknya optimistis menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) karena Indonesia punya potensi besar. Namun masalahnya, bagaimana menggunakan potensi tersebut terutama melindungi aspek legalitas, finansial dan pasar.

"Kita memiliki peringkat ke-16 dalam PDB 2012, jumlah penduduk usia produktif juga banyak, dan pertumbuhan ekonomi 2012 tertinggi kedua setelah Thailand. Kita harus menjaga dan tidak berpuas diri," ujarnya di Hotel Ritz Carlton Pacific Place Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Okto, panggilan akrabnya, juga mengajak pengusaha muda untuk berpikir dalam mencapai kesuksesan di tingkat regional dan bukan hanya lokal. Dia juga mengingatkan bahwa dunia usaha memiliki banyak tantangan.

"Risiko domestik antara lain permasalahan tenaga kerja, subsidi BBM, stabilitas pangan, ketersediaan infrastruktur yang memadai," sebutnya.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi nasional memang meningkat, tapi AEC 2015 dan pemilu 2014 di depan pintu. "Kalau tidak hati-hati dan larut dalam euforia kita akan lupa. Harus dipersiapkan secara matang karena tidak ada proses yang instan," tegas Okto.

Mengenai stabilitas nasional, lanjut Okto, keputusan politik pemerintah juga harus dibarengi untuk kebaikan ekonomi. "Dan Hipmi mengajak untuk bersiap diri meningkatkan daya saing bukan hanya lokal tetapi juga global," tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4343 seconds (0.1#10.140)