Sensus pertanian akan terjunkan 246 ribu petugas

Senin, 29 April 2013 - 14:49 WIB
Sensus pertanian akan terjunkan 246 ribu petugas
Sensus pertanian akan terjunkan 246 ribu petugas
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengatakan, dalam melaksanakan sensus pertanian 2013 yang dimulai 1 Mei nanti, pihaknya akan menurunkan sedikitnya 246.412 petugas lapangan.

"Dalam sensus tersebut kami menurunkan 246.412 petugas lapangan. Total ini adalah sensus keenam, terakhir pada 2003, tentunya dalam 10 tahun tersebut sudah banyak perubahan struktur," ujarnya di gedung BPS, Jakarta, (29/4/2013).

Suryamin menyebut anggaran untuk melakukan sensus tersebut sebesar Rp1,6 triliun dan berasal dari APBN. "Tapi jangan lupa kita itu lembaga vertikal jadi 80 persen dari anggaran tersebut untuk membayar honor petugas sensus," paparnya.

Di kesempatan yang sama, Deputi Neraca dan Analisis Statistik BPS, Kecuk Suhariyanto menjelaskan, sensus pertanian ini mempunyai empat tujuan yaitu agar data statistik pertanian tepat akurat agar ada gambaran jelas kemajuan dan permasalahan dalam sektor pertanian, untuk membentuk kerangka sampel yang digunakan sebagai landasan pengambilan sampel sensus pertanian berikutnya, untuk mendapatkan populasi dunia pertanian Indonesia secara keseluruhan, dan agar menemukan angka patokan (benchmark) bagi sektor pertanian.

Kecuk menambahkan, dalam sensus ini akan ada tiga cakupan responden yaitu perusahaan dan perusahan pertanian berbadan hukum, rumah tangga dan seluruh pengelola usaha rumah tangga pertanian, serta bukan perusahaan badan hukum dan bukan rumah tangga pertanian tetapi usaha pertanian. "Contohnya pesantren yang juga mempunyai usaha pertanian," sebut Kecuk.

"Kita melakukan listing, dan dicacah menjadi enam sektor pertanian yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan," tambahnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3487 seconds (0.1#10.140)