Perputaran Uang Saat Lebaran Capai Rp72 Triliun, Sandiaga: Tangkap Peluang!

Senin, 25 April 2022 - 14:38 WIB
loading...
Perputaran Uang Saat Lebaran Capai Rp72 Triliun, Sandiaga: Tangkap Peluang!
Menparekraf Sandiaga Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif menangkap peluang perputaran uang selama libur Lebaran. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif menangkap peluang dari perputaran uang di sektor pariwisata saat libur Lebaran yang jumlahnya diperkirakan mencapai Rp72 triliun.

Jumlah uang beredar ini terdistribusi di sejumlah daerah yang menjadi tujuan mudik masyarakat. Dari angka Rp72 triliun itu, kata Sandi, 60% beredar di Pulau Jawa dan 40% tersebar di luar Pulau Jawa.



"Oleh karena itu, peluang ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Pelaku ekonomi kreatif kita bisa kita arahkan untuk mengambil peluang ini," ungkap Sandi saat ditemui di kawasan JCC Jakarta, Senin (25/4/2022).

Sandi mengatakan, momen mudik Lebaran bisa meningkatkan perputaran uang sebanyak 10% dan mampu berkontribusi 25% lebih pada pertumbuhan ekonomi kuartalan.

Sandi mengatakan, pemerintah menyiapkan wisata alternatif berupa desa wisata dan sentra ekonomi kreatif yang bisa dikunjungi warga. Sandi pun mengaku telah melakukan sosialisasi secara masif. Salah satunya, berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan.



"Di samping itu destinasi-destinasi wisata yang bisa memecah kemacetan dengan memberikan alternatif daripada mereka macet, mungkin ada beberapa desa wisata dan sentra ekonomi kreatif yg bisa dikunjungi dan ini sudah kita sosialisasikan secara masif," ungkapnya.

Sandi menjelaskan, rata-rata pengeluaran wisatawan nusantara (wisnus) di Indonesia pada 2020 mencapai Rp1,5 juta. Adapun, wisnus yang berasal dari Pulau Jawa dan berkunjung ke destinasi di Pulau Jawa rentang rata-rata pengeluarannya mencapai Rp900.000 hingga Rp1,5 juta.

(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)