Output industri Jepang Mei naik 2%

Jum'at, 28 Juni 2013 - 13:26 WIB
Output industri Jepang Mei naik 2%
Output industri Jepang Mei naik 2%
A A A
Sindonews.com - Output pabrik atau industri Jepang pada Mei 2013 secara tak terduga menguat, sebagai tanda lanjutan ekonomi nomor tiga di dunia itu mengambil pertumbuhan.

Berita ini menjadi perangsang ekstra bagi Perdana Menteri Shinzo Abe, saat partainya menghadapi pemilihan parlemen bulan depan, yang diharapkan memberikan kemenangan gemilang dalam memperkuat basis kekuasaan.

Dilansir dari AFP, Jumat (28/6/2013), produksi industri Jepang naik 2,0 persen pada Mei dari bulan sebelumnya. Angka ini memberi gambaran perdagangan meningkat karena ekspor ke Amerika Serikat dan China melonjak di belakang pelemahan yen. Kenaikan ini menjadi yang terbaik sejak Desember 2011, mengalahkan ekspektasi 0,2 persen.

Sejak menjabat pada Desember 2013, Abe telah meluncurkan pelonggaran moneter besar-besaran, pengeluaran fiskal dan serangkaian reformasi yang bertujuan membebaskan bisnis - lewat kebijakan berjuluk "Abenomics".

Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) pada April menetapkan target ambisius inflasi sebesar 2 persen dalam beberapa tahun. Mereka juga meluncurkan program pembelian obligasi besar-besaran seperti yang dilakukan Federal Reserve AS (Fed).

Namun, Menteri Keuangan Taro Aso mengakui akhir cepat penurunan harga tidak mungkin. "Saya tidak berpikir membalikkan deflasi akan mudah," ujarnya.

Harga-harga konsumen dan angka pengeluaran rumah tangga menjadi sinyal utama bagi ekonom yang telah berusaha memastikan apakah "Abenomics" benar-benar bekerja atau tidak.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9378 seconds (0.1#10.140)