Dukung Produk dalam Negeri, IDSurvey Layani Verifikasi TKDN Pelaku Usaha

Kamis, 28 April 2022 - 23:23 WIB
loading...
A A A
Menurut dia, sebagai implementasi komitmen atas P3DN, IDSurvey telah melakukan verifikasi sebanyak 632 pelaku usaha pada periode Januari – April 2022.

“Kami akan terus mendukung dan merealisasikan target Kementerian Perindustrian untuk mengeluarkan 1.250 sertifikat TKDN di tahun 2022,” kata Haris.

Sementara itu, Direktur Komersial Sucofindi Darwin Abas mencatat pihaknya juga membantu Kementerian Perindustrian dalam sosialisasi program TKDN kepada pelaku usaha, juga memberikan bimbingan (coaching clinic) mengenai perhitungan TKDN.

Darwin menjelaskan proses pengajuan sertifikasi TKDN. Pertama, pelaku usaha dapat menghubungi lembaga survey independen, PT Sucofindo atau PT Surveyor Indonesia.



Kemudian, perusahaan menyiapkan dokumen legalitas perusahaan, yaitu Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Industri (IUI) yang masih berlaku atau pengajuan IUI melalui Online Single Submission (OSS) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang sudah berlaku efektif untuk tahap pengajuan.

Langkah berikutnya, lembaga survey akan melakukan site visit dan menghitung porsi lokal dan impor dari bahan baku atau material yang digunakan dan tenaga kerja (langsung dan tidak langsung).

Kemudian, akan keluar laporan verifikasi, yang nanti akan disetujui dan sertifikat dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian.

Saat ini, Direktur Komersial Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya dan Direktur Komersial Sucofindo Darwin Abas telah menyerahkan Sertifikat TKDN kepada dua pelaku usaha di Surabaya, yaitu UD Steven foundry dan CV Yupi Fiberglass.
(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)