Lunasi Utang, Krakatau Steel Bakal Rights Issue Incar Dana Segar Rp2,9 Triliun

Jum'at, 13 Mei 2022 - 18:36 WIB
loading...
Lunasi Utang, Krakatau Steel Bakal Rights Issue Incar Dana Segar Rp2,9 Triliun
Krakatau Steel menargetkan dana rights issue sebesar USD200 juta atau setara Rp2,9 triliun. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk , Silmy Karim menargetkan dana rights issue sebesar USD200 juta atau setara Rp2,9 triliun. Target pendanaarjon ini untuk melunasi utang perusahaan senilai Rp35 triliun.

Meski langkah Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) masuk dalam skema pendanaan baru emiten baja pelat merah tersebut, Silmy belum membocorkan kapan akan rights issue.

Menurutnya, aksi menghimpun dana segara di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini akan dilakukan, bilamana sejumlah perencanaan strategis sudah direalisasikan lebih dulu. Hal tersebut berdasarkan arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Tergantung sikon, hasil diskusi dengan Kementerian BUMN, kita benerin dulu beberapa hal, perencanaan strategis. Dan lain sebagainya setelah itu baru right issue," ungkap Silmy kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).



Di sisi lain, Silmy tidak manafikkan kemungkinan rights issue bisa dilakukan pada semester II-2022 atau di semester I-2023.

"Semester II (2022) atau semester 1 2023, kan bisa juga ada right issue yang perusahaan, kan bisa, misalnya ada strategic partner, ada perusahaan luar negeri atau BUMN mau ngambil right issue KRAS, boleh dong," ucap dia.

Hingga akhir tahun ini, Krakatau Steel menargetkan pengurangan utang sebesar 50 persen. Silmy menyebut ada sejumlah langkah strategi yang ditempuh agar target bisa terealisasi hingga akhir tahun ini.

Adapun strategi yang dimaksud berupa divestasi aset, cash flow perusahaan, right issue, dan masuknya investor baru. Untuk divestasi aset, emiten akan melepas sejumlah bidang tanah hingga sahamnya. Adapun target pendanaan mencapai USD300 juta.



Sementara target anggaran yang dihimpun dari cash flow perusahaan pada tahun ini sebesar USD250 juta. Dengan begitu, upaya pengurangan utang perusahaan yang bersumber dari aksi korporasi ini mencapai USD524 juta.

"Targetnya tahun ini, ini kan masih flid, dari divestasi itu kita bisa mendapatkan USD300 juta dari divestasi, dari aksi korporasi dan cash flow sekitar USD250 juta. Alokasi buat utang USD524 juta," ucap dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)