Pelabuhan Tanjung Priok jadi kunci turunkan inflasi

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 17:33 WIB
Pelabuhan Tanjung Priok jadi kunci turunkan inflasi
Pelabuhan Tanjung Priok jadi kunci turunkan inflasi
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Mahendra Siregar mengatakan, salah satu kunci menurunkan angka inflasi adalah dengan melakukan pembenahan Pelabuhan Tanjung Priok seperti yang dilakukannya beberapa pekan terakhir.

Menurutnya, Pelabuhan Tanjung Priok merupakan bagian dari sistem logistik nasional yang akan berpengaruh terhadap suplai barang yang memengaruhi angka inflasi.

"Salah satu kunci membenahi inflasi yang tinggi dengan membenahi Pelabuhan Tanjung Priok sebagai bagian dari sistem logistik," ujarnya di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Mahendra menyebut terlalu lamanya dwelling time di pelabuhan telah membuat produsen dan konsumen semakin terbebani. "Harus waspada untuk memastikan aspek pasokan barang tetap lancar, padahal demand masyarakat dan consumer confidence tambah tinggi," ucapnya.

Untuk melonggarkan arus kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok, maka pihaknya telah melakukan pemindahan dari Tanjung Priok ke Pelabuhan Marunda dan Dry Port Cikarang.

"Kita sudah bicarakan pemindahan kontainer longstay agar menjadi permanen. Lalu coba tingkatkan pemanfaatan dan optimalisasi Cikarang Dry Port bagi yang sedang mengurus administrasi tapi terlalu lama," pungkas Mahendra.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4720 seconds (0.1#10.140)