5 Fakta Bayar Tol Tak Perlu Stop, Selamat Tinggal Kartu e-Toll?

Sabtu, 21 Mei 2022 - 11:45 WIB
loading...
5 Fakta Bayar Tol Tak Perlu Stop, Selamat Tinggal Kartu e-Toll?
Pemerintah berencana mengubah sistem transaksi tol dengan teknologi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk membuat bayar tol tanpa sentuh. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana mengubah sistem transaksi jalan tol dengan teknologi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF). Teknologi ini memudahkan pengemudi untuk bayarjalan tol tanpa stop, dengan tidakmengetap kartu e-toll diyakini bisa meminimalisir kepadatan yang sering terjadi di gerbang masuk tol.

Baca Juga: Kabar Terbaru Bayar Tol Tanpa Sentuh, PUPR Tunjuk Roatex Ltd Jadi Pelaksana

Jika saat ini para pengendara melakukan pembayaran di gerbang tol dengan cara tap kartu uang elektronik, maka akhir tahun ini bakal dilakukan uji coba penerapan pembayaran tol tanpa sentuh atau tap kartu uang elektronik.

Berikut fakta-fakta terkait pengembangan teknologi nirsentuh untuk pembayaran tol ini, ditulis Sabtu (21/5/2022).

1. Keunggulan MLFF

Penerapan sistem MLFF itu praktis membuat perubahan dalam hal pembayaran di gerbang tol . Jika sebelumnya sistem pembayaran Berbasis kartu (card-based) seperti yang ada di GTO saat ini, maka untuk metode pembayaran di GT MLFF nanti menggunakan sistem server based.



Sistem server based merupakan metode pembayaran yang saat ini ada pada e-wallet atau dompet-dompet digital. Sistem ini terbukti cepat dalam membantu pengguna melakukan transaksi.

2. Cara Kerja MLFF

Sistem MLFF menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di ponsel. Nantinya GPS bakal menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching akan berjalan di central system.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0992 seconds (10.55#12.26)