Apresiasi Penanganan Covid, Erick Thohir Singgung Peran GP Ansor Bantu Ekonomi Level Terbawah

Minggu, 22 Mei 2022 - 11:01 WIB
loading...
Apresiasi Penanganan Covid, Erick Thohir Singgung Peran GP Ansor Bantu Ekonomi Level Terbawah
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/Dok MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengapresiasi peran semua pihak dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pascapandemi.

Salah satunya Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang menurut Erick ikut berperan dalam proses stabilisasi ekonomi dan kesehatan selama pandemi.

Dia menegaskan, momentum keberhasilan Indonesia dalam menerapkan kebijakan pembatasan masyarakat dan tetap menjaga pergerakan ekonomi agar tetap berdenyut tak lepas dari semangat gotong royong seluruh lapisan masyarakat.

"Saya tahu benar apa yang dilakukan Gerakan Pemuda Ansor ketika bersama-sama rakyat, alim ulama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan BUMN saling gotong royong dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata Erick, dikutip Minggu (22/5/2022).



“Respons cepat dan sikap pemerintah pusat yang giat menerapkan beberapa kebijakan sosial dan ekonomi direspon positif oleh seluruh masyarakat sehingga kita bisa melewati pandemi ini dengan predikat berhasil," imbuhnya.

Pernyataan Erick tersebut disampaikan melalui Podcast GP Ansor yang ditayangkan dalam acara bertajuk Obrolan Malam Jumat (OMJ), Kamis (19/5/2022).

Menurut dia, saat pandemi merebak, peran GP Ansor yang tetap menjaga dan membantu kegiatan ekonomi di level terbawah masyarakat dan swasta yang menguasai 57% perekonomian Indonesia.



Langkah ini, kata Erick, menjadi cermin kebersamaan yang harus terus dijaga, baik di saat kondisi krisis maupun ketika situasi tengah stabil.

"Momentum hari ini menandakan bahwa tidak selamanya semua tergantung pemerintah atau BUMN. Sikap bersatu dan saling gotong royong yang tumbuh dari semua kalangan selama Covid jauh lebih penting, dan hari ini kita bisa melihat hasilnya. Ini karena peran dari seluruh masyarakat," ungkapnya.



Erick yang juga merupakan anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) berharap GP Ansor juga mendukung kebijakan pemerintah, khususnya dalam situasi kondusif dan positif. Dia menilai peran badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) ini bagian penting dari Indonesia pascapandemi.

"Meskipun endemi diperkirakan akan terjadi tiga bulan lagi, namun saya lihat masyarakat sudah lebih percaya diri. Ini harus didukung pemerintah, salah satunya seperti kegiatan mudik lebaran," tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3206 seconds (0.1#10.140)