Sistem Informasi Kepegawaian: Manfaat, Fungsi dan Fitur yang Wajib Ada di Dalamnya

Rabu, 25 Mei 2022 - 17:46 WIB
loading...
Sistem Informasi Kepegawaian: Manfaat, Fungsi dan Fitur yang Wajib Ada di Dalamnya
Simpeg Online adalah sistem yang mampu memberikan informasi data-data pegawai pada suatu perusahaan maupun instansi yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan. (Foto Dok Sindonews.com)
A A A
JAKARTA - Simpeg Online adalah sistem yang mampu memberikan informasi data-data pegawai pada suatu perusahaan maupun instansi yang saling berinteraksi mencapai tujuan yang telah ditargetkan. Sistem informasi kepegawaian Online menangani pengelolaan data kepegawaian khususnya meliputi pendataan pegawai, BKD, proses perencanaan dan formasi kepegawaian, penggajian, penilaian angka kredit, mutasi pegawai, dan sistem pelaporan.

Aplikasi sistem informasi kepegawaian online pada suatu instansi adalah melakukan penginputan, pengawasan dan monitoring dalam hal data kepegawaian. Data mentah diinput biasanya disiapkan form isian yang harus diisi oleh pegawai suatu instansi dengan baik dan benar.

Jika dalam pengisian form dilakukan dengan baik dan benar, operator dapat langsung mengisi database masing-masing pegawai dalam sistem informasi kepegawaian. Dengan begitu, operator dapat fokus mengisi sesuai dengan form yang diterimanya tanpa mengecek berkas fisik.

Manfaat dan Fungsi Mengembangkan Sistem Manajemen Kepegawaian
Sumber Daya Manusia merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan fungsi dan tugas suatu instansi, perusahaan ataupun perguruan tinggi. Fungsi esensial manajemen sumber daya manusia adalah memastikan agar organisasi dapat mencapai tujuan-tujuan strategisnya dengan memiliki sumber daya manusia yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan instansi secara kuantitas maupun kualitas.

Pengelolaan aspek manajemen Sumber Daya Manusia dalam sebuah instansi atau perusahaan dapat dikelola dan dilaksanakan dengan optimal, pengelolaan yang dilakukan secara konvensional sudah tidak efektif dan efisien pada saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka harus dikembangkanya suatu Sistem informasi manajemen kepegawaian yang hadal.

Sistem informasi manajemen kepegawaian merupakan suatu sistem informasi manajemen yang berfungsi untuk mengelola data, manajemen dan administrasi kepegawaian sebuah instansi, perguruan tinggi ataupun perusahaan. Simpeg online menjadi solusi tepat bagi sebuah instansi, perusahaan ataupun perguruan tinggi dalam mengatasi masalah manajemen kepegawaian.

Tujuan sistem informasi kepegawaian online adalah dapat terwujudnya suatu sistem informasi manajemen yang terintegrasi dalam suatu jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi yang bermutu. Hal tersebut dapat menunjang pengambilan keputusan manajemen kepegawaian di lingkungan instansi.

Simpeg online juga mendukung proses bisnis serta kelangsungan sebuah instansi, perusahaan, ataupun perguruan tinggi. Oleh karena itu, komitmen sebuah instansi untuk menjalankan sistem informasi kepegawaian online haruslah sangat tinggi agar proses yang terjadi di lantai produksi menjadi menguntungkan bagi pengguna.

Manfaat Sistem Informasi Kepegawaian untuk Perusahaan
Sistem informasi kepegawaian yang dirancang untuk dapat membantu pekerjaan HR atau SDM di suatu Perusahaan. Dimulai dari pemasukan data entry dan bisa mengelola karyawan di berbagai aspek. Seperti absensi, penghitungan gaji dan lain sebagainya.

Lalu, kira-kira apa saja sih manfaat aplikasi HRIS yang akan Anda dapatkan Ketika memakai sistem informasi kepegawaian untuk Perusahaan anda. Simak penjelasannya sebagai berikut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2627 seconds (0.1#10.140)