Gelar Karya Kreatif, Bank Indonesia Dorong UMKM Go Global

Jum'at, 27 Mei 2022 - 15:08 WIB
loading...
Gelar Karya Kreatif, Bank Indonesia Dorong UMKM Go Global
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan digitalisasi bagi pelaku UMKM harus terus didorong menembus pasar global .

"Digitalisasi adalah cara efektif dan efisien membangkitkan UMKM. Tidak hanya menjadi pemain nasional tapi juga pemain global," ujar dia dalam acara peluncuran Karya Kreatif Indonesia, di Jakarta, Jumat (27/5/2022).



Menurut dia peluncuran BI Fast Desember lalu bertujuan untuk memfasilitasi percepatan transaksi ekonomi keuangan secara nasional, dan tentu saja untuk proses belanja UMKM.

"Mari kita terus dukung BI Fast agar proses pembayaran untuk UMKM dari penjual ke pembeli lebih cepat, tidak harus menunggu berhari-hari. Dengan begitu cash flow akan meningkat dan itulah kebangkitan UMKM Indonesia" ungkapnya.

Dia mengatakan gelaran Karya Kreatif Indonesia (KKI) kali ini juga diharapkan mampu membangkitkan UMKM lebih cepat. Penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia juga untuk mendorong digitalisasi UMKM. "Inovasi digital dalam kreasi UMKM itu adalah salah satu yang kita terus lakukan. Seluruh transaksi di KKI adalah digital," kata dia.



Sebagai informasi, KKI diselenggarakan secara hybrid di Jakarta Convention Center 26-29 Mei 2022. Pameran tersebut diikuti 200 UMKM yang merupakan binaan dan mitra BI dari 46 wilayah dan binaan dari 5 K/L.

Produk yang dipamerkan terdiri dari warisan budaya daerah dan produk berkualitas ekspor yang terdiri dari wastra (batik, tenun, dan songket), kriya, aksesoris, kopi, dan kuliner.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2752 seconds (0.1#10.140)