Kunjungi Kotabaru, Kalsel, Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Pariwisata & Ekonomi Kreatif

Jum'at, 03 Juni 2022 - 23:01 WIB
loading...
Kunjungi Kotabaru, Kalsel, Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Pengembangan Pariwisata & Ekonomi Kreatif
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan di Kotabaru. Foto/Dok
A A A
KOTABARU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan di Kotabaru, Kalimantan Selatan , sehingga memberikan dampak yang luas bagi masyarakat khususnya dalam kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Menparekraf Sandiaga Uno melanjutkan rangkaian kunjungan kerja di Kalimantan Selatan dengan mengunjungi Kabupaten Kotabaru yang lokasinya berada di paling ujung tenggara Pulau Kalimantan. Menparekraf tiba di Bandar Udara Gusti Syamsir Alam (GSA) pukul 11:00 WITA



Saat tiba di Kotabaru, Menparekraf disambut oleh Bupati Sayed Jafar dan Wakil Bupati Andi Rudi Latif diiringi tari Mayang Kencana yang merupakan tari penyambutan bagi tamu yang dimuliakan oleh masyarakat Kotabaru.

“Kotabaru gunungnya bamega,” kata Menparekraf mengutip petikan lagu "Paris Barantai" saat baru mendarat di Bandara GSA.

Lirik lagu tersebut memiliki arti Kotabaru gunungnya diselimuti awan. Lansekap kabupaten yang memiliki gunung, pantai, dan laut itu memang terkenal dengan deretan awannya yang seperti kapas.



Menparekraf Sandiaga juga sempat mencicipi kuliner Soto Banjar dan membeli beberapa barang UMKM lokal yang dipajang di dalam bandara. Seperti Baju Sasirangan, Catur kayu ukir dari kayu meranti kuning, Kerupuk Amplang Sa-Ijaan yang terbuat dari ikan tenggiri, serta alat musik gambus.

“Kalsel itu, seperti rumah saya sendiri, karena saya dalam satu bulan bisa tiga minggu di sana waktu membangun usaha dulu. Saya sangat familiar dengan destinasi wisata di sana, banyak sekali pengalaman indah saya di Kalimantan Selatan. Kami di pemerintah pusat siap mendukung pengembangan potensi parekraf yang ada di Kotabaru,” katanya.

Dalam kunjungan kerjanya di Kotabaru, Menparekraf Sandiaga Uno akan menghadiri rangkaian acara Festival Budaya Saijaan serta meninjau pelaksanaan revitalisasi Kawasan Wisata Siring Laut.

Dalam kunjungan tersebut, Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; serta Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf Reza Fahlevi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)