IATA: Penerbangan dunia Agustus naik 6,8%

Rabu, 02 Oktober 2013 - 17:39 WIB
IATA: Penerbangan dunia Agustus naik 6,8%
IATA: Penerbangan dunia Agustus naik 6,8%
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (International Air Transport Association/IATA) melaporkan lalu lintas penerbangan dunia meningkat 6,8 persen pada Agustus 2013, memungkinkan industri mencocokkan rekor sepanjang waktu, yakni 83,4 persen kursi terisi.

"Agustus adalah bulan yang positif untuk perjalanan penumpang," kata Kepala IATA, Tony Tyler dalam pernyataannya, sambil menunjukkan bahwa keseluruhan load factor penumpang atau persentase kursi terisi menyamai rekor pada Juli 2011.

Permintaan penumpang naik 6,8 persen year-on-year (yoy), dengan pertumbuhan yang kuat di semua pasar, terutama Timur Tengah, Amerika Latin dan Asia. Lalu lintas rute internasional naik 7,5 persen pada Agustus, sementara permintaan untuk perjalanan domestik meningkat 5,6 persen.

"Kinerja yang baik juga didukung stabilisasi pelemahan pasar berkembang dan keyakinan baru di Eropa dan Amerika Utara," terang Tayler, seperti dilansir dari AFP, Rabu (2/10/2013).

Operator Timur Tengah mengalami pertumbuhan lalu lintas internasional terkuat yoy sebesar 15,1 persen. Namun, jumlah ini sangat dipengaruhi waktu Ramadan, ketika umat Islam cenderung mengurangi bepergian (di bulan sebelumnya), menunjukkan bahwa liburan jatuh pada Agustus.

Penerbangan di Amerika Latin melihat lalu lintas internasional tumbuh 9,8 persen pada Agustus. Sementara operator di kawasan Asia Pasifik mencatat kenaikan 8,6 persen.

Perbaikan ekonomi sederhana dan meningkatnya kepercayaan konsumen juga membantu meningkatkan perjalanan udara di Eropa sebesar 5,4 persen. Sementara penerbangan di Amerika Utara melihat permintaan naik 5,1 persen dibandingkan Agustus tahun lalu.

Tyler memuji pertumbuhan menekankan bahwa kebanyakan indikasi (yang) menunjuk ke arah percepatan pada kuartal keempat.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6012 seconds (0.1#10.140)