Vaksin BUMN Masuk Uji Klinis Tahap III, Ditargetkan Dapat Izin BPOM pada Juli

Kamis, 09 Juni 2022 - 14:32 WIB
loading...
Vaksin BUMN Masuk Uji Klinis Tahap III, Ditargetkan Dapat Izin BPOM pada Juli
Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir (tengah). Foto/MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Proses produksi vaksin BUMN masuk pada kick off uji klinis tahap III yang dimulai pada hari ini. Proses ini ditargetkan selesai pada Juli 2022 dan selanjutnya vaksin Covid-19 tersebut akan menerima emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir menyebut proses produksi vaksin BUMN baik hulu ke hilir dilakukan di dalam negeri. Vaksin ini merupakan hasil kerja sama antara Holding BUMN Farmasi dengan Baylor College of Medicine.

"Pada pagi ini kita bisa masuk pada milestone yang sangat menentukan bagi industri kesehatan Indonesia. Di mana kita melaksanakan kick off uji klinis tahap III vaksin BUMN. Ini merupakan vaksin yang kita produksi dari hulu ke hilir," ungkap Honesti dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).



Targetnya, setelah vaksin mengantongi EUA, Bio Farma menargetkan bisa mendapatkan Emergency Use Listing (EUL) dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Oktober 2022.

Pada tahap pertama, akan ada 20 juta dosis vaksin BUMN yang diproduksi. Jumlah ini digunakan untuk program vaksinasi nasional.

Sebelumnya, Bio Farma telah melakukan melakukan uji klinis fase 1 terhadap vaksin BUMN. Uji klinis ini dengan menyuntikkannya kepada 175 orang. Hasilnya menunjukkan keamanan yang baik.



Lalu, uji klinis fase II pun sudah dilakukan dengan menyuntikkan vaksin tersebut kepada 360 orang. Hasilnya disampaikan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan pada Juni ini. Jika hasilnya baik, maka dilakukanuji klinik fase III pada bulan ini.

"Kita targetkan di akhir Juli 2022 kita sudah mendapatkan emergency use authorization dari BPOM untuk dewasa dan orang tua," paparnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)