Ini hasil rangkaian kunjungan ekonomi Aher di Turki

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 13:17 WIB
Ini hasil rangkaian kunjungan ekonomi Aher di Turki
Ini hasil rangkaian kunjungan ekonomi Aher di Turki
A A A
Sindonews.com - Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) hingga kini masih berada di Turki untuk menjajaki berbagai kerja sama ekonomi di berbagai sektor. Lalu apa hasilnya?

Pada hari pertama, Kamis (24/10/2013), Aher bertemu dengan Gubernur Istanbul, Huseying Avni Mutlu. Pertemuan itu lebih banyak dilakukan untuk ramah-tamah.

Menurut Aher, kerja sama antara Indonesia dan Turki sudah terjalin apik sejak 1950. Atas dasar itu, Pemprov Jawa Barat berinisiatif meningkatkan berbagai kerja sama, setidaknya antara Jawa Barat dan Istanbul.

Kedua gubernur pun sepakat menjadikan Jawa Barat dan Istanbul sebagai sister province sehingga kerja sama dalam berbagai bidang akan lebih maksimal. Kerja sama itu meliputi bidang perdagangan, pariwisata, hingga penambangan energi ramah lingkungan.

Hari kedua, Jumat (25/10/2013), Aher dan rombongan mengunjungi pabrik tekstil milik Cak Group di Istanbul. Kepada manajemen Cak Group, Aher memaparkan mengenai tekstil dan produk tekstil (TPT) di berbagai daerah di Jawa Barat. Dia berharap kedua provinsi bisa bekerja sama di bidang TPT ini.

"Sangat tepat bila Cak Group memanfaatkan potensi industri TPT kami, mulai kerja sama perdagangan hingga pendirian pabrik di Jawa Barat," kata Aher dalam siaran persnya, Sabtu (26/10/2013).

Dia melirik industri TPT Turki karena besarnya peluang kerja sama di sektor tersebut. Sebab, Jawa Barat bukan pelaku baru dalam industri TPT.

Dijelaskannya, upaya menggandeng pelaku industri tekstil Turki juga didasari target untuk terus menciptakan lapangan kerja baru bagi warga Jawa Barat. Karena sektor TPT merupakan salah satu sektor industri yang mampu menyerap tenaga kerja.

"Beberapa bulan lalu, saya menyatakan untuk membuka lapangan kerja dalam jumlah tidak sedikit setiap tahun. Ini salah satu upaya kita untuk mewujudkannya," jelas Aher.

Ia mengaku sudah memerintahkan Kepala Dinas Perdagangan Jawa Barat, Ferry Sofyan Arif, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Jawa Barat, Dadang Mohamad, untuk menindaklanjuti hasil pertemuannya sehingga bisa terjalin kerja sama antar kedua pihak.

Aher dan rombongan juga melakukan pertemuan dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Istanbul. Saat ini, Aher dan rombongan akan terus melakukan kunjungan dan menjajaki berbagai kemungkinan kerja sama dengan berbagai pihak di Turki hingga 30 Oktober mendatang.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4082 seconds (0.1#10.140)