4 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi pada Ibu Menyusui, Alami Tanpa Obat

Kamis, 16 Juni 2022 - 05:50 WIB
loading...
4 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi pada Ibu Menyusui, Alami Tanpa Obat
Kolesterol yang tinggi perlu dikontrol untuk kembali normal, termasuk pada ibu menyusui. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol yang tinggi perlu dikontrol untuk kembali normal. Sebab, kadar kolesterol tinggi yang tidak ditangani dalam jangka panjang bisa berdampak buruk dan menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke, diabetes, hingga hipertensi.

Semua orang bisa memiliki kolesterol tinggi bila gaya hidup dan pola makannya tidak sehat. Termasuk pada ibu menyusui yang berpotensi memiliki kolesterol tinggi karena peningkatan HDL selama masa kehamilan dan menyusui.

Kolesterol tinggi ini perlu segera diatasi sebelum berkembang menjadi komplikasi serius. Selain berkonsultasi dengan dokter, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai cara mengatasi kolesterol tinggi pada ibu menyusui.



Berikut langkah-langkahnya, seperti dirangkum pada Rabu (15/6/2022).

1. Membatasi Asupan Makanan Lemak Jenuh

Hindari makanan-makanan yang minim gizi dan mengandung banyak lemak jenuh yang tidak sehat. Hindari juga makanan-makanan yang digoreng untuk menurunkan LDL. Sebagai ganti, pilihlah makanan dengan lemak sehat seperti kacang-kacangan, ikan, alpukat, telur, dan yogurt.

2. Makan Banyak Sayuran

Cara berikutnya yakni dengan memperbanyak konsumsi sayuran. Sebab, sayuran tidak hanya kaya serat tetapi juga bagus untuk menjaga kadar kolesterol. Pilihlah sayuran yang juga bermanfaat untuk produksi ASI seperti bayam, brokoli, kale, dan daun katuk.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)