Stasiun Matraman Uji Coba Penumpang KRL Hari Ini, Yuk Cek Rutenya

Kamis, 16 Juni 2022 - 08:57 WIB
loading...
Stasiun Matraman Uji Coba Penumpang KRL Hari Ini, Yuk Cek Rutenya
Layanan kereta rel listrik (KRL) commuter line mulai beroperasi di Stasiun Matraman, Jakarta Timur hari ini. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Layanan kereta rel listrik (KRL) commuter line mulai beroperasi di Stasiun Matraman, Jakarta Timur hari ini. Uji coba layanan penumpang akan diberlakukan satu pekan ke depan.

"Mulai Kamis ini, kami akan mengoperasikan Stasiun Matraman, selama satu minggu ke depan kami lakukan uji coba operasional naik-turun penumpang dari dan ke Stasiun Matraman," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta - Banten Rode Paulus, Kamis (16/6/2022).



Stasiun yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan sejak Tahun 2016 ini melayani perjalanan KRL lintas Kampung Bandan - Bekasi/ Cikarang.

"Rangkaian kegiatan persiapan pengoperasian Stasiun Matraman sudah kami lakukan, awal Juni ini secara kolaboratif kami bersama sejumlah stakeholder terkait diantaranya PT. KAI Commuter, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga PT. Transjakarta telah melakukan kegiatan inspeksi bersama," bebernya.

Dalam rangka memastikan semua fasilitas di dalam Stasiun dapat dipergunakan dan berfungsi dengan baik dari mulai escalator, lift, toilet, Alat Pemadam Kebakaran (APAR) hingga sistem alarm kebakaran dan juga CCTV dapat difungsikan untuk memastikan keamanan di dalam Stasiun.

Beberapa hari setelahnya, kami lanjutkan dengan pemeriksaan Standar Pelayanan Minimum (SPM) oleh Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api sesuai amanah dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 68 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum dengan hasil pemeriksaan yang baik.

"Stasiun Matraman ini lokasinya sangat strategis, berada diantara Stasiun Transit Manggarai dan Jatinegara, sehingga nantinya kami harapkan dengan kehadiran Stasiun Matraman dapat mempermudah aksesibilitas masyarakat," jelasnya.

Dengan letak yang strategis, Stasiun Matraman berpotensi akan meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas khususnya bagi pengguna KRL yang berada di sekitar wilayah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai.

"Kemudian, kawasan sekitar yang sebelumnya harus menuju Stasiun Manggarai atau Jatinegara untuk dapat menggunakan KRL, saat ini masyarakat dapat langsung menuju Stasiun Matraman untuk melakukan perjalanan dengan KRL," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3001 seconds (0.1#10.140)