Wapres: Santri Harus Semangat Wirausaha Agar Tidak Jadi Muslim yang Lemah

Kamis, 16 Juni 2022 - 11:27 WIB
loading...
Wapres: Santri Harus Semangat Wirausaha Agar Tidak Jadi Muslim yang Lemah
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. FOTO/Ist
A A A
JAMBI - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan pondok pesantren harus menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hal itu diungkapkan Wapres ketika melakukan kunjungan ke Pesantren Al-Jauharen, Tanjung Johor, Kota Jambi, Provinsi Jambi, kemarin.

"Pesantren juga harus jadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat. Itu perintah (Allah) supaya tidak menjadi muslim yang lemah. Kenapa? Karena muslim yang kuat lebih dicintai (Allah) dari muslim yang lemah, lemah ekonominya," kata Wapres dikutip dari pernyataannya, Kamis (16/6/2022).



Oleh karena itu, Wapres ingin pesantren mengembangkan santripreneur atau semangat untuk berwirausaha. Ini sebagai bagian dari perintah Allah SWT untuk memakmurkan bumi.

"Kemudian, kita harus mengembangkan santripreneur, semangat berusaha, karena apa? Karena Allah sendiri mengatakan Allah yang menjadikan kamu dari bumi, dan kamu diminta untuk memakmurkan bumi," kata Wapres.

"Jadi Allah memerintahkan kita supaya memakmurkan bumi yaitu memberikan tanggung jawab kepada kamu manusia untuk memakmurkan bumi. Memakmurkan bumi ada berbagai kegiatan, di bisa ekonomi, bidang ada industri, pertanian, pertambangan, itu semua dalam rangka memakmurkan bumi," paparnya.



Wapres mengatakan kuncinya yakni dengan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang unggul. "SDM yang memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi. Nah itu maka kita harus membangun manusia-manusia yang selain memahami agama, dia juga mengerti bagaimana membangun pertanian, membangun usaha," kata dia.

"Oleh karena itu harus ada penguatan-penguatan, empowering supaya tidak melahirkan generasi lemah. (Jangan) meninggalkan generasi yang lemah. Dan jangan juga meninggalkan generasi yang hancur," tegasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)