Produksi industri Jepang September naik 1,5%

Rabu, 30 Oktober 2013 - 12:08 WIB
Produksi industri Jepang September naik 1,5%
Produksi industri Jepang September naik 1,5%
A A A
Sindonews.com - Output pabrik Jepang pada September 2013 meningkat, membalikkan pelemahan di bulan sebelumnya dan memasok lebih banyak bukti bahwa ekonomi terbesar ketiga di dunia itu telah mengumpulkan kecepatan.

Produksi industri naik 1,5 persen month-on-month, dibandingkan dengan revisi penurunan 0,9 persen pada Agustus, karena permintaan elektronik dan mobil meningkat jelang kenaikan pajak penjualan tahun depan.

Selama tiga bulan hingga September, pabrik Jepang memperluas produksi sebesar 1,8 persen. "Produksi industri terus menunjukkan gerakan ke atas," kata Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri, seperti dilansir dari AFP, Rabu (30/10/2013).

Angka-angka baru datang setelah data terpisah menunjukkan bahwa tingkat belanja rumah tangga Jepang meningkat, dan angka pengangguran turun. Sementara pengeluaran melompat 3,7 persen, hasil terbaik dalam enam bulan, melampuai ekspektasi ekonom.

Pertumbuhan ekonomi Jepang telah melampaui ekspansi di negara-negara G7 lainnya tahun ini, dan pemerintah dipuji data harga konsumen terakhir yang menunjukkan telah memenangkan perang melawan deflasi.

Angka-angka pengeluaran terbaru dan pasar tenaga kerja yang lebih kuat juga sebagai tolok ukur utama keberhasilan Perdana Menteri Shinzo Abe, melalui kebijakannya "Abenomics", yang bertujuan memicu pertumbuhan.

Lonjakan pengeluaran cenderung melompat didorong oleh rencana kenaikan pajak penjualan yang disetujui awal bulan ini, dimana konsumen melihat saatnya untuk membeli barang lebih murah sebelum terjadi kenaikan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3624 seconds (0.1#10.140)