Harga jengkol di DKI tembus Rp44 ribu/kg

Selasa, 05 November 2013 - 12:54 WIB
Harga jengkol di DKI tembus Rp44 ribu/kg
Harga jengkol di DKI tembus Rp44 ribu/kg
A A A
Sindonews.com - Meski sudah terlihat menurun, namun harga jengkol masih terbilang mahal. Misalnya yang terjadi di Pasar Mandiri Kelapa Gading, DKI Jakarta, harga jengkol mencapai Rp44.000 per kilogram (kg).

Asni, pedagang sayuran di pasar tersebut mengatakan, harga jengkol masih lebih tingi dibanding harga ayam. Menurutnya, harga jengkol saat ini sudah mulai menurun dibanding dengan beberapa bulan terakhir.

"Dua, tiga bulan lalu harga jengkol menembus Rp70 ribu hingga Rp80 ribu per kg, karena stok langka, yang jual sedikit, sedangkan yang beli banyak," ujarnya saat ditemui Sindonews di Pasar Mandiri Kelapa Gading, Selasa (5/11/2013).

Sementara, Taufik yang juga pedagang sayur di pasar tersebut mengatakan, bahwa komoditi jengkol masih banyak dicari masyarakat. Sedangkan, suplai jengkol ke pasar saat ini terbatas.

"Kalau yang cari jengkol masih banyak, kebanyakan yang jualan warteg, kan sekarang yang usaha warteg banyak, belum lagi ibu-ibu. Jadi yang beli juga banyak, nah suplai jengkol ke pasar terbatas, jadi mahal," ungkapnya.

Saat ini, Asni dan Taufik menjual jengkol ukuran besar seharga Rp44.000 per kg dan untuk ukuran sedang Rp42.000 per kg.

Taufik menyayangkan pemerintah yang kurang memperhatikan permasalahan jengkol. Sehingga di beberapa tempat sudah terjadi kelangkaan jengkol. Selain itu, dia mengaku sering mendengar keluhan dari para pembeli.

Pihaknya meminta pemerintah segera menurunkan harga jengkol hingga kembali normal. Harga jengkol seharusnya lebih murah bahkan tidak semahal seperti saat sekarang. "Ya wong ini makanan kampung, kok malah mahal," pungkas Taufik.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3928 seconds (0.1#10.140)